Menjaga agar memori ponsel tak penuh, WhatsApp meluncurkan fitur baru ini

Jumat, 06 November 2020 | 22:53 WIB   Reporter: Ahmad Febrian
Menjaga agar memori ponsel tak penuh, WhatsApp meluncurkan fitur baru ini

ILUSTRASI. Tampilan fitur pesan sementara di WhatsApp. Terlihat di bagian atas tampil peringatan bahwa pesan sementara sedang diaktifkan.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Salah satu yang menyebabkan memori ponsel penuh adalah penyimpanan pesan singkat. Seperti WhatsApp.  Maka, pihak WhatsApp mengeluarkan fitur Pesan Sementara.

“Kami ingin membuat percakapan di WhatsApp semakin terasa seperti berbicara tatap muka secara langsung. Aartinya percakapan tersebut tidak harus tersimpan selamanya,” jelas WhatsApp dalam penjelasan tertulis ke Kontan.co.id, Kamis (5/11). 

Saat fitur Pesan Sementara diaktifkan, pesan baru yang dikirim ke chat tersebut akan hilang setelah tujuh hari. Dalam chat individual, masing-masing pihak dapat mengaktifkan atau menonaktifkan fitur Pesan Sementara. Sedangkan dalam grup chat, hanya admin yang memegang kendali untuk pengaktifan fitur ini.

Sebelumnya WhatsApp juga  mengumumkan fitur Storage Management atau Manajemen Penyimpanan Data. Fitur ini memudahkan pengguna mengidentifikasi, meninjau, dan menghapus sejumlah konten di WhatsApp sekaligus untuk menghemat memori ponsel mereka.

WhatsApp kini mengelompokkan dokumen berukuran besar, serta media yang telah diteruskan berkali-kali. Fitur ini juga akan mengurutkan dokumen berdasarkan ukuran, mulai dari yang paling besar hingga paling kecil. 

Selain itu, pengguna akan bisa melihat preview dokumen sebelum menghapus. Pengguna dapat meninjau media yang ada sebelum memilih sebuah file atau lebih untuk dihapus.

Editor: Ahmad Febrian
Terbaru