Menjelang UTBK-SBMPTN 2020, ini cara siapkan mental agar lancar

Sabtu, 04 Juli 2020 | 08:00 WIB Sumber: Kompas.com
Menjelang UTBK-SBMPTN 2020, ini cara siapkan mental agar lancar


UTBK-SBMPTN - JAKARTA. Tidak terasa UTBK-SBMPTN 2020 akan segera berlangsung. Banyak peserta yang sudah mempersiapkan jauh-jauh hari untuk menghadapi ujian ini. Sebagian besar dari mereka sudah belajar dan latihan soal, bahkan dari semester awal kelas 12. 

Matangnya persiapan dengan belajar dan latihan soal, terkadang tidak diimbangi dengan kesiapan mental. Tidak jarang peserta malah stress, tidak percaya diri hingga jatuh sakit karena tidak siap mental untuk mengikuti UTBK-SBMTN 2020.

Dilansir dari Kompas.com, Kepala Departemen Psikologi Pendidikan Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran (Unpad) Surya Cahyadi, menghimbau agar peserta dapat mengelola stress dengan baik agar tidak mengganggu mereka saat menghadapi ujian. Ada beberapa tips yang diberikan oleh Surya Cahyadi, yang bisa dicoba oleh para peserta UTBK-SBMPTN 2020.

Baca Juga: Jangan diabaikan! Perhatikan hal-hal penting tentang UTBK-SBMPTN 2020

Belajar di tempat yang nyaman

Persiapkan pemahaman materi ujian kalian dengan belajar di tempat yang nyaman. Dengan belajar di tempat yang sesuai, diharapkan peserta akan lebih mudah menyerap materi ujian.

Selesaikan permasalahan satu per satu

Catat masalah apa saja yang sering muncul saat sedang mengerjakan latihan soal. Setelahnya, cobalah untuk menyelesaikannya satu persatu.

Jangan overthinking 

Pikirkan yang terjadi sekarang. Jangan terlalu memikirkan tentang hal-hal yang belum terjadi. Membayangkan hal-hal yang belum terjadi, bisa membuat peserta cemas bahkan panik karena takut dengan kemungkinan-kemungkinan terburuk.

Baca Juga: Serba-serbi UTBK-SNMPTN 2020, asa di tengah pandemi

Cukup istirahat

Istirahat yang cukup membantu dalam meningkatkan konsentrasi. Jika Anda kurang tidur, tingkat fokus Anda akan berkurang, sehingga daya serap saat belajar juga berkurang.

Curhat ke orang lain

Sharing masalah Anda ke teman dekat bisa membuat Anda lebih rileks. Curhat juga bisa membuat Anda mendapatkan pemecahan masalah dari sudut pandang yang berbeda.

Dukungan dari orang terdekat

Dukungan dari orang terdekat sedikit banyak akan membantu menaikkan rasa percaya diri Anda. Motivasi yang mendukung akan membantu mendorong semangat Anda untuk terus belajar dan melakukan yang terbaik saat UTBK-SBMPTN 2020.

Hadapi dengan tenang

Tetap tenang dan positif saat Anda mengerjakan soal ujian. Dengan persiapan yang matang, Anda bisa lebih tenang saat ujian berlangsung. Perbanyak doa dan serahkan semua usaha dan hasil kepada Tuhan Yang Maha Esa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru