Microsoft perbaiki masalah FPS drop setelah update Windows 10, main game makin ngacir

Senin, 26 April 2021 | 12:08 WIB Sumber: PCGamer
Microsoft perbaiki masalah FPS drop setelah update Windows 10, main game makin ngacir


WINDOWS 10 - Kabar baik buat gamers PC yang mengalami permasalahan terkait performa bermain game setelah update Windows 10. Microsoft akhirnya memperbaiki permasalahan FPS drop dan stuttering setelah melakukan update Windows 10.

Awal bulan ini, Windows 10 mendapatkan update kumulatif lKB5001330 dan KB50001337 yang membawa beberapa perbaikan keamanan. Sayangnya, di saat bersamaan update itu justru mengacaukan kinerja Windows 10 ketika digunakan untuk bermain game. 

Mengutip dari PCGamer.com, sebagian pengguna Windows 10 mengalami permasalahan, seperti FPS drop dan stuttering hingga BSOD (blue screen of the death).

Update Windows 10 di Maret lalu juga menyebabkan permasalahan serupa. Namun, pengguna mendapatkan opsi untuk melakukan update atau tidak. Melansir Forum Nvidia, Nvidia membeberkan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Menurut Nvidia, bila gamers mengalami permasalahan yang mengganggu pengalaman bermain game, tinggal hapus update tersebut di Windows 10. Atau sederhananya, bisa kembali ke versi terdahulu sebelum update.

Tidak tinggal diam, Microsoft akhirnya menanggapi permasalahan tersebut. "Sebagian kecil pengguna Windows 10 telah melaporkan performa yang lebih rendah dari yang diharapkan ketika bermain game setelah memasang update ini," kata Microsoft. 

Sebagian besar pengguna yang terpengaruh oleh masalah ini menjalankan game dengan layar penuh atau borderless windowed dan menggunakan dua atau lebih monitor.

ILUSTRASI: Windows 10

Solusi yang Microsoft tawarkan adalah dengan menggunakan Known Issue Rollback. Sederhananya, ketika menggunakan Known Issue Rollback, secara otomatis Windows 10 akan kembali ke kondisi sebelum update di mana semua masih berjalan normal.

Namun demikian, Anda juga bisa menghapus secara manual beberapa update yang mungkin menurunkan performa gaming di PC atau laptop Anda setelah update Windows 10. Caranya cukup mudah, pergi ke Settings > Update & Security > Windows Update, setelah itu klik View update history.

Anda bisa melihat daftar update yang telah terpasang. Anda juga bisa menghapus beberapa update yang mungkin menyebabkan permasalahan tersebut. Terakhirk, klik tombol Uninstall untuk menghapus update Windows 10 sesuai yang Anda inginkan.

Selanjutnya: Jangan bingung, begini cara mengganti resolusi video di aplikasi YouTube terbaru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru