HOME

Minuman Bunga Telang, Simak Cara Membuat dan Manfaatnya

Minggu, 18 Juli 2021 | 12:00 WIB   Reporter: Kania Paramahita
Minuman Bunga Telang, Simak Cara Membuat dan Manfaatnya

KONTAN.CO.ID - Bunga telang atau butterfly pea flower sedang menjadi primadona karena warnanya yang bisa mempercantik makanan dan minuman.

Ya, bunga telang yang bernama latin Clitoria ternatea ini merupakan sumber pewarna alami. Bunga ini bisa menghasilkan warna biru cerah yang cantik. Karena keunikannya inilah, banyak orang yang memanfaatkan bunga ini untuk beragam jenis olahan makanan dan minuman.

Olahan bunga telang yang paling terkenal adalah minuman teh bunga telang. Minuman ini disebut-sebut memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Baca Juga: Bintangi Loki di Disney+, ini dialog yang paling disukai oleh Tom Hiddleston

Penasaran apa saja manfaat bunga telang? Dilansir dari MedicineNet.com, food.ndtv.com, dan netmeds.com, MomsMoney sudah merangkum cara mudah membuat minuman bunga telang dan manfaatnya. Yuk, disimak!

Membuat minuman teh bunga telang

Untuk mendapatkan teh bunga telang yang segar, Moms perlu menyiapkan bunga telang dulu. Moms bisa mendapatkan bunga telang kering dengan mudah di toko online atau marketplace langganan. Jangan khawatir, harganya lumayan terjangkau, kok.

Cara membuat teh bunga telang sama seperti cara membuat teh pada umumnya. Moms tinggal menyeduh bunga telang kering dengan air panas, lalu diamkan beberapa saat hingga airnya berubah warna. Setelahnya, Moms bisa langsung menikmatinya, deh.

Untuk menambah rasa, Moms bisa menambahkan pemanis seperti gula atau madu sesuai selera. Moms juga bisa menambahkan es batu supaya bisa dinikmati dingin.

Oiya, teh bunga telang bisa berubah warna, lo. Caranya, Moms tinggal menambahkan air perasan lemon ke dalam minuman bunga telang. Air lemon mengandung asam yang bisa mengubah tingkat keasaman atau pH dalam minuman bunga telang, sehingga warnanya bisa berubah dari biru menjadi ungu.

Baca Juga: Ini 9 jenis kecerdasan manusia, Anda masuk tipe mana?

Manfaat minuman bunga telang

Tidak hanya cantik dipandang, minuman bunga telang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Di antaranya:

  • Kaya akan antioksidan yang membantu melawan radikal bebas.
  • Membantu menurunkan tingkat stres dan menyegarkan pikiran.
  • Membantu menurunkan berat badan dan mengatur nafsu makan.
  • Mengandung flavonoid yang membantu menstimulasi produksi kolagen, sehingga kulit tampak kenyal dan awet muda.
  • Memperkuat rambut, mengurangi rambut rontok, dan menutrisi rambut.

Wah, ternyata manfaatnya cukup banyak ya, Moms. Minuman bunga telang bisa menjadi variasi minuman teh yang bisa Moms coba, nih.

Namun, perlu diperhatikan bahwa minuman bunga telang tidak bisa dijadikan sebagai pengganti obat sepenuhnya, Moms.

Jika kondisi kesehatan Moms memerlukan penanganan lebih lanjut, segera konsultasikan ke dokter. Moms yang sedang meminum obat tertentu juga disarankan untuk berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui apakah minuman bunga telang aman dikonsumsi bersama obat tertentu.

Gimana Moms, tertarik mencoba minuman bunga telang yang cantik dan penuh manfaat ini?

Selanjutnya: Awas, Ini 4 Minuman yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersama Obat

Editor: Kania Paramahita
Terbaru