Otomotif

Mobil seken mana yang lebih mahal, mesin diesel atau bensin?

Sabtu, 22 Februari 2020 | 19:33 WIB Sumber: Kompas.com
Mobil seken mana yang lebih mahal, mesin diesel atau bensin?

ILUSTRASI. Seorang warga duduk di dekat mobil yang dijual di Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Jakarta Utara, Jumat (17/5/2019). Mobil bekas dengan mesin diesel dan bensin punya keunggulan masing-masing. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bicara mesin kendaraan, konsumen otomotif akan langsung tertuju pada dua pilihan utama, yaitu mobil dengan mesin diesel atau bensin. 

Kedua jenis mesin ini memiliki keunggulan masing-masing, baik dari segi mekanisme maupun penggunaan bahan bakar. Lalu mana yang lebih mahal? 

Baca Juga: Ada versi facelift, harga Xpander model lama didiskon sampai Rp 25 juta

Dari segi harga, mobil bermesin diesel memang relatif lebih mahal dibandingkan dengan bensin. Banyak yang bilang jika material mesin diesel lebih kuat, sehingga biaya yang dikeluarkan untuk membeli mobil ini otomatis lebih besar. 

Herjanto Kosasih, Manager Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, mengatakan, mobil diesel memang selalu ramai peminat. 

“Contoh yang paling banyak dicari mobil Innova diesel, begitu datang ke sini (WTC Mangga Dua) seminggu kemudian pasti laku. Walau harganya relatif lebih mahal, peminatnya tetap banyak, tetapi yang mau jual sedikit,” ujar Herjanto kepada Kompas.com belum lama ini di Jakarta. 

Herjanto menjelaskan, memang mesin diesel dikenal cukup bandel dan irit bahan bakar, tidak heran jika banyak konsumen yang rela mengeluarkan dana yang lebih besar untuk membeli mobil tersebut. 

Baca Juga: Harga Xpander naik sampai Rp 6 juta, ini daftar harga LMPV di bulan Februari

”Untuk harga bekas Toyota Kijang Innova Venturer diesel itu hampir Rp 400 juta, padahal dengan budget segitu mereka sudah bisa dapat mobil baru," ujar Herjanto. 

Hal serupa juga diungkapkan oleh Fransisca FA, Ketua Innova Community, “Untuk harga beli memang diesel lebih mahal, karena lebih irit dan memiliki torsi yang besar. Namun untuk ke depannya, biaya pemakaiannya jauh lebih murah ketimbang mobil dengan mesin bensin, asal pemakaian dan perawatannya dilakukan dengan benar,” ujar Fransica. (Aprida Mega Nanda)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pilih Diesel atau Bensin, Mobil Bekas Mana yang Lebih Mahal?"


Editor: Tendi Mahadi


Terbaru