Sport

MotoGP: Francesco Bagnaia Catatkan Rekor Baru dan Raih Pole Position di San Marino

Sabtu, 07 September 2024 | 17:40 WIB   Reporter: Handoyo
MotoGP: Francesco Bagnaia Catatkan Rekor Baru dan Raih Pole Position di San Marino

ILUSTRASI. Juara dunia MotoGP, Francesco Bagnaia, tampil gemilang di sesi kualifikasi San Marino Grand Prix REUTERS/Pablo Morano


MOTOGP - Juara dunia MotoGP, Francesco Bagnaia, tampil gemilang di sesi kualifikasi San Marino Grand Prix dengan mencatatkan rekor lap baru, meski masih belum sepenuhnya pulih dari cedera akibat kecelakaan hebat yang dialaminya pekan lalu di Aragon bersama Alex Marquez.

Meski mengalami cedera, pembalap Ducati pabrikan ini berhasil mengamankan pole position dengan catatan waktu 1m30.304s, yang menjadi rekor baru di sirkuit ini.

Dominasi VR46 Academy di Barisan Depan

Mengutip crash.net, Bagnaia memimpin barisan depan kualifikasi, diikuti oleh rekan-rekan satu akademinya, Franco Morbidelli dan Marco Bezzecchi. Bagi Morbidelli, ini merupakan hasil kualifikasi terbaiknya sejak Jerez 2021, sementara Bezzecchi menempati posisi ketiga.

Baca Juga: Menang di Aragon, Marc Marquez: Terlalu Jauh Bertarung untuk Perebutan Gelar Juara

Jorge Martin Gagal Maksimal, Marc Marquez Terjatuh

Jorge Martin, pemimpin klasemen kejuaraan, mengalami sesi kualifikasi yang kurang mulus dan hanya mampu finis di posisi keempat setelah kesulitan sepanjang Q2. Sementara itu, Marc Marquez mengalami kecelakaan di Tikungan 15 yang membuatnya harus puas berada di posisi kesembilan.

Sesi Kualifikasi Bagnaia yang Mengagumkan

Sejak awal sesi pole shootout 15 menit, Bagnaia langsung menunjukkan performa impresif dengan catatan awal 1m30.928s. Ia terus meningkatkan kecepatannya dengan mencatatkan waktu 1m30.581s, meski Martin memberikan tekanan dengan selisih hanya 0.064s.

Namun, Bagnaia memilih untuk memulai putaran kedua lebih awal dan mencatatkan rekor baru dengan waktu 1m30.304s, yang tak terkejar oleh pembalap lain.

Morbidelli finis 0.285s di belakang Bagnaia, sedangkan Bezzecchi melengkapi barisan depan dengan hasil terbaiknya sejak GP Spanyol tahun ini. Martin berada di barisan kedua, terpaut 0.341s dari Bagnaia, dengan Pedro Acosta dan Brad Binder di posisi kelima dan keenam.

Baca Juga: Max Bartolini: Yamaha Butuh Waktu Hingga 2026 untuk Kembali Kompetitif di MotoGP

Posisi Pembalap Lainnya

Alex Marquez berada di posisi ketujuh, diikuti oleh Enea Bastianini di posisi kedelapan. Marc Marquez yang terjatuh, berada di posisi kesembilan, sementara Fabio Quartararo, Maverick Vinales, dan Jack Miller melengkapi posisi 12 besar.

Aleix Espargaro dari Aprilia gagal masuk ke Q2 untuk pertama kalinya sejak GP Portugal dan akan memulai balapan dari posisi 13. Johann Zarco, yang menjadi pembalap Honda terbaik di kualifikasi, berada di posisi 16.

Absennya Joan Mir

Joan Mir dari Honda terpaksa absen dari sisa balapan di akhir pekan ini akibat penyakit yang dialaminya, membuatnya harus menepi dari San Marino GP.

Dengan performa yang luar biasa dari Francesco Bagnaia, ia diharapkan mampu mendominasi jalannya balapan utama di San Marino GP.

Selanjutnya: Stadion GBK Siap Digunakan untuk Pertandingan Timnas Indonesia Vs Australia

Menarik Dibaca: Peringatan Dini BMKG Cuaca Besok (8/9) Hujan Deras, Jawa Barat Waspada Bencana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru