Style

Musim penghujan telah tiba, ini tips agar terhindar dari sakit

Jumat, 27 Desember 2019 | 18:40 WIB Sumber: Kompas.com
Musim penghujan telah tiba, ini tips agar terhindar dari sakit

ILUSTRASI. Hujan rutin mengguyur sejumlah wilayah setiap hari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hujan rutin mengguyur sejumlah wilayah setiap hari. Beberapa orang mulai mengalami penyakit musiman, seperti demam, flu, bahkan demam berdarah. Demi menjaga kesehatan tubuh sepanjang musim hujan, simaklah tips berikut: 

1. Lindungi diri dari hujan 

Ketika basah kuyup terkena hujan, kita akan lebih rentan mengalami demam. Para peneliti menemukan bahwa tubuh yang dingin, terutama kaki, bisa memunculkan gejala demam pada tubuh yang sudah rentan terhadap virus flu. 

Teorinya adalah usahakan menjaga tubuh tetap hangat, sebab kondisi tubuh yang dingin akan mengganggu kelancaran aliran darah, termasuk ke area hidung. Hidung yang dingin yang lebih disukai virus penyebab demam. Jadi, jangan biarkan tubuhmu basah kehujanan tanpa perlindungan apapun. 

Baca Juga: Produsen rokok elektrik di AS wajib ajukan izin ke Badan Pengawas Obat dan Makanan

2. Konsumsi vitamin C 

Vitamin C bisa membantu mempercepat pemulihan tubuh yang terjangkit virus demam. Vitamin C bisa dikonsumsi dalam bentuk alami sebagai makanan atau pun suplemen. 
Meskipun khasiatnya untuk mengobati demam masih menjadi perdebatan di kalangan dokter, asupan Vitamin C bukanlah hal buruk, karena bisa membantu menguatkan antibodi dan mengurangi gejala demam. Kamu bisa mengonsumsi makanan sumber Vitamin C seperti cabai merah dan hijau, serta buah-buahan seperti pepaya atau nanas. 

3. Mandi air hangat 

Setelah terguyur hujan, segeralah mandi dan usahakan menggunakan air hangat. Tidak hanya menyebabkan suhu tubuhmu perlahan naik, mandi air hangat juga bisa membersihkan tubuh dari infeksi. Jika tidak ingin mandi, kamu juga bisa merendam kaki di dalam baskom air hangat. 

Baca Juga: Bentoel hormati upaya pengendalian konsumsi rokok

4. Minum minuman hangat 

Pada cuaca dingin, konsumsi minuman hangat adalah langkah yang tepat. Kamu bisa mengonsumsi minuman seperti teh hijau atau cokelat panas. Semangkuk sup panas juga bisa menjadi alternatif jika kamu ingin sekaligus mempraktikkan skill masakmu. 

Konsumsi minuman atau makanan dengan kuah hangat bisa membantu mencegah demam atau infeksi lainnya yang mungkin terjadi karena perubahan temperatur. 

Dukungan dari Anda akan menambah semangat kami dalam menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat seperti ini.

Jika berkenan, silakan manfaatkan fasilitas donasi berikut ini.

gopay
Editor: Yoyok
Terbaru