Opsi Kirim Foto HD Tidak Muncul di WhatsApp (WA)? Mungkin ini Penyebabnya

Minggu, 27 Agustus 2023 | 11:25 WIB   Penulis: Arif Budianto
Opsi Kirim Foto HD Tidak Muncul di WhatsApp (WA)? Mungkin ini Penyebabnya


WHATSAPP - Opsi kirim foto HD tidak muncul di WhatsApp (WA)? Mungkin ini penyebabnya. Ada beberapa penyebab yang membuat opsi kirim foto HD tidak muncul, salah satunya kualitas foto atau gambar yang tidak sesuai dengan resolusi minimum.

Seperti yang kita ketahui, WhatsApp memiliki kemampuan yang tidak hanya mengirim pesan berformat teks. Lebih dari itu, pengguna WhatsApp dapat berbagi momen dengan cara mengirim gambar atau foto. 

Dengan fitur ini, pengguna dapat membagikan momen menarik kepada kontak terdekat atau pun di dalam grup.

Bicara soal kirim foto di WA, mungkin tidak jarang pengguna WhatsApp merasakan bahwa foto yang dikirim atau yang diterima kualitasnya biasa saja atau bahkan jauh dari hasil aslinya. Alih-alih ingin membagikan momen ke orang terdekat, foto yang dikirim malah terlihat buram atau bahkan pecah-pecah.

Hadirnya fitur baru WhatsApp yang satu ini akan membantu pengguna yang ingin mengirim foto atau gambar di WA dengan kualitas tinggi. Ya, beberapa waktu lalu Mark Zuckerberg, bos perusahaan bernama Meta ini mengumumkan fitur kirim foto HD di WhatsApp sudah tersedia.

Opsi kirim foto HD di WhatsApp sebenarnya sangat mudah ditemukan. Apalagi kalau pengguna sering berbagi foto lewat WhatApp, baik ke kontak terdekat maupun lewat grup.

Fitur kirim foto HD WhatsApp

Namun demikian, mungkin beberapa pengguna tidak menemukan opsi kirim foto HD. Kok bisa? Apakah fitur tersebut tidak tersedia di WhatsApp yang Anda pakai saat ini?

Fitur kirim foto atau gambar HD sebenarnya merupakan fitur yang baru. Oleh karena itu, beberapa pengguna mungkin tidak menyadari kalau fitur tersebut sebenarnya sudah muncul.

Kendati demikian, ada beberapa hal yang menyebabkan mengapa fitur kirim foto HD di WhatsApp tidak muncul. Berikut ini penjelasan mengapa fitur kirim foto HD di WhatsApp tidak muncul.

Baca Juga: Cara Mengirim Foto HD di WhatsApp Agar Hasil yang Dikirim Lebih Jernih

Aplikasi WhatsApp belum diupdate ke versi terbaru

Agar dapat mengakses fitur baru WhatsApp, pengguna wajib mengupdate atau memperbarui aplikasi ke versi terbaru. 

Begitu pula jika Anda ingin menjajal fitur kirim foto HD di WA, versi WhatsApp yang mendukung fitur tersebut adalah versi 23.16.0. 

Segera kunjungi toko aplikasi resmi, Play Store bagi pengguna HP Android atau App Store bagi pengguna iPhone, lalu download update WhatsApp ke versi terbaru.

Resolusi dan kualitas foto terlalu kecil

Fitur kirim foto HD di WhatsApp akan muncul jika pengguna mengirim foto berkualitas HD yang resolusinya adalah 3024 x 4032. Apabila Anda mengirim foto dengan resolusi yang telah disebutkan atau di atasnya, maka akan muncul opsi pengiriman HD.

Sebaliknya, jika foto yang Anda kirimkan mungkin di bawah resolusi tersebut atau terlalu kecil, otomatis fitur kirim foto HD tidak akan muncul di WhatsApp.

Itulah penjelasan mengapa fitur kirim foto HP WhatsApp tidak muncul di HP Anda. Coba cek kembali apakah aplikasi WhatsApp yang Anda pakai sudah berjalan di versi terbaru? 

Baca Juga: Apa itu Project Mugen? Game Open World Bergaya Anime Terbaru, Simak Gameplay-nya

Jangan lupa cek juga apakah foto yang Anda kirimkan memiliki resolusi tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru