Pakai BBM RON rendah, hemat di awal boros di bengkel

Rabu, 14 Juli 2021 | 09:53 WIB   Reporter: Yudho Winarto
Pakai BBM RON rendah, hemat di awal boros di bengkel

ILUSTRASI. Petugas SPBU mengisi bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamax di SPBU Pertamina, Jakarta


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selain jarak tempuh kendaraan akan semakin jauh dan irit, bila setiap kendaraan menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM) RON tinggi, seperti Pertamax dan Pertamax Plus,  akan membuat mesin lebih awet.

"Ke performa mesin pun lebih baik, dan tidak meninggalkan timbal atau kerak. Berbeda kalau kita menggunakan Pertalite dan Premium yah, itu ada semacam kerak yang menempa di slinder headnya," kata Instruktur Mekanik Dedy Sexh dalam keterangannya, Selasa (13/7).

Semakin tinggi kandungan oktannya, maka semakin baik kualitas BBM dan performa yang akan dihasilkan oleh mesin.

Produk-produk Pertamax Series mampu meningkatkan akselerasi atau kecepatan kendaraan, membuat mesin lebih responsif, serta mampu melindungi mesin lebih awet dan tahan lama karena pembakaran yang lebih efisien dan bebas karat.

Baca Juga: Perdana! Pertamina layani BBM kapal perang angkatan laut India, INS Kiltan (P30)

Selain itu, produk Pertamax Series merupakan produk yang ramah lingkungan karena kandungan sulfur yang rendah sehingga buangan gas emisi dengan karbon lebih sedikit.

Untuk kandungan sulfur Pertamax maksimal 500 ppm, sementara kandungan sulfur Pertamax Turbo tidak lebih dari 50 ppm dengan kata lain setara Euro IV.

Dedy yang juga Spesialis kendaraan two stroke ini melanjutkan, bila penggunaan BBM dengan RON rendah biasanya akan meninggalkan kerak atau timbal, yang pada akhirnya akan membuat performa mesin lebih lambat dan cenderung boros pada BBM.

"Seperti di kendaraan roda dua, two stroke maupun empat tak, itu akan membuat performa lebih berat. Itu bisa dilihat kalau dibongkar, seher yang menggunakan BBM bagus dan tidak, itu kelihatan kalau dibongkar, yang menggunakan BBM RON bagus, gak ada kerak, tapi kalau pakai RON rendah itu terlihat sekali, ada kerak," kata dia.

Pemilik bengkel Ferdi Motor Sport (FMS) ini menyarankan, penggunaan BBM dengan kualitas baik seharusnya lebih digencarkan oleh pemerintah, mengingat di negara-negara besar sudah tidak lagi menggunakan BBM dengan RON rendah.

"Hanya di Indonesia dan negara tetangga yang masih tetap mengadakan, seharusnya masyarakat lebih didorong agar menggunakan BBM dengan kualitas baik, tetapi menghadirkan dengan harga yang terjangkau juga," beber dia.

Editor: Yudho Winarto

Terbaru