Edukasi

Pas buat pelajar hingga pekerja, ini tips belajar mandiri biar lebih efektif

Selasa, 13 Juli 2021 | 21:50 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Pas buat pelajar hingga pekerja, ini tips belajar mandiri biar lebih efektif

KONTAN.CO.ID - Selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat atau PPKM Darurat, siswa kembali melakukan belajar sendiri secara mandiri di rumah.  

Belajar sendiri, bersumber dari Oxford Learning, merupakan proses pembelajaran tanpa pengawasan guru atau orang tua secara langsung. 

Beberapa siswa mungkin merasa kesulitan saat belajar mandiri karena tidak ada guru yang memberikan pengarahan. Namun, Anda tetap bisa belajar dengan baik dengan beberapa metode yang mudah diterapkan.

Ada banyak keuntungan yang bisa didapat dengan belajar sendiri. Anda bisa lebih fokus memahami materi dibanding saat belajar bersama. 

Teknik belajar sendiri juga berguna saat sudah bekerja. Berbeda dengan sekolah, saat bekerja belum tentu ada orang yang bisa membimbing Anda. 

Anda dituntut untuk bisa belajar secara individu dan cepat. Karenanya, biasakan untuk belajar sendiri mulai dari sekarang.

Baca Juga: Biar budidaya tanaman hidroponik di rumah sukses, hal ini penting diperhatikan

Berikut cara belajar sendiri yang efektif untuk pelajar dan pekerja yang dihimpun dari Wise Global Training dan Medium:

  • Tentukan tujuan belajar

Sebelum memulai belajar secara individu, tentukan tujuan Anda belajar. Pilih materi pelajaran yang benar-benar ingin dikuasai. 

Jika ada beragam materi yang ingin dipelajari, bagilah menjadi beberapa kelompok serta hari. Jangan mempelajari banyak materi dalam satu waktu karena akan membuat otak lelah dan tidak fokus. 

Agar tetap fokus, tulis tujuan belajar Anda di kertas lalu tempel di depan meja belajar. Tempelkan juga jadwal belajar agar kegiatan belajar mandiri Anda lebih terarah.

Cara ini bisa sebagai pengingat jika Anda mulai kehilangan fokus belajar.

  • Evaluasi diri sendiri

Mungkin materi yang akan dipelajari sudah pernah dibahas di kelas baik online maupun offline. Cobalah untuk mengevaluasi diri dengan mengerjakan soal sebelum mulai belajar.

Setelah selesai, cocokkan jawaban Anda dengan kunci jawaban. Dari metode ini, Anda bisa tahu seberapa jauh Anda memahami materi. Anda juga bisa tahu kekurangan Anda terhadap materi tertentu. 

Hasil evaluasi bisa membantu Anda menentukan materi mana harus dipelajari terlebih dahulu dan yang bisa dipelajari kemudian. 

Baca Juga: Pendaftaran KIP Kuliah untuk universitas swasta masih dibuka, cek syaratnya

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru