Sport

PBSI optimis tunggal putra dapat raih medali di Olimpiade Tokyo 2020

Rabu, 12 Februari 2020 | 16:17 WIB   Reporter: Handoyo
PBSI optimis tunggal putra dapat raih medali di Olimpiade Tokyo 2020

ILUSTRASI. Foto 'multiple exposure' pebulu tangkis tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wakil Ketua Umum PP PBSI, Alex Tirta, mengatakan bahwa nomor tunggal putra punya kans untuk meraih medali pada Olimpiade Tokyo 2020. Nomor tunggal putra kembali bisa menjadi andalan Indonesia pada Olimpiade musim panas tahun ini yang akan digelar di Tokyo, Jepang, pada 24 Juli-9 Agustus 2020.

Harapan itu bukan tanpa dasar yang kuat. Saat ini, materi pemain tunggal putra Indonesia dinilai memiliki kemampuan bersaing yang cukup bagus.

Baca Juga: Efek virus corona, China & Hong Kong mundur dari Kejuaraan Bulutangkis Asia

Hal tersebut juga dibuktikan dengan keberadaan dua pemain tunggal putra andalan Indonesia, Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting, yang berada di urutan delapan besar "Race to Tokyo". Anthony Sinisuka Ginting saat ini menempati peringkat ke-5 dengan 75.722 poin, sementara Jonatan Christie ada di posisi ke-7 dengan 73.538 poin.

Mengacu pada fakta tersebut, Alex Tirta menegaskan bahwa sektor putra bukan hanya mengandalkan nomor ganda putra semata, tetapi juga nomor tunggal putra.

Terlebih, baik Jonatan dan Anthony sama-sama pernah mengalahkan pemain-pemain yang ada di posisi 8 besar. "Saya kira semua oke-oke saja, tidak ada masalah. Tunggal (putra) punya peluang," kata Alex Tirta di Kantor Kemenpora, Selasa, 11 Februari 2020.

"Mudah-mudahan atlet-atlet dalam kondisi yang baik, mereka bisa jaga kesehatan, yang terbaik akan kita dapatkan," tutur Alex menambahkan.

Baca Juga: PBSI antisipasi virus corona pada atlet Indonesia yang berlaga di BATC 2020

Alex Tirta pun berharap para pemain tunggal putra mampu memberikan kejutan pada Olimpiade Tokyo 2020, meski target PP PBSI ialah meraih satu medali emas Olimpiade Tokyo 2020 dari nomor ganda putra. "Diharapkan juga dari tunggal (putra), tetapi target realistis memang dari ganda (putra)," kata Alex.

Sementara itu, skuad ganda putra Indonesia sudah hampir dipastikan bisa meloloskan dua wakil ke Olimpiade Tokyo 2020, meski perhitungan poin kualifikasi masih akan berlangsung hingga April mendatang, tepatnya sampai pada Kejuaraan Asia 2020.

Saat ini, tiga wakil ganda putra Indonesia menempati posisi 8 besar pada Race to Tokyo yakni Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Baca Juga: Akibat wabah corona, Menpora imbau atlet tak ikut turnamen di China

Duet Marcus/Kevin memimpin daftar peringkat Race to Tokyo dengan 104.403 poin, disusul Ahsan/Hendra yang berada di urutan kedua dengan 99.500 poin. Adapun, Fajar/Rian menempati peringkat ke-5 dengan 75.885 poin. 

PP PBSI memang dibebani target yakni mengirim dua wakil dari setiap nomor pertandingan. Target itu cukup berat mengingat sektor putri masih kekurangan wakil yang mampu menembus level elite dunia.

Artikel ini telah tayang di bolasport.com dengan judul "PBSI Nilai Tunggal Putra Bisa Raih Medali pada Olimpiade Tokyo 2020"


Editor: Yoyok

Dukungan dari Anda akan menambah semangat kami dalam menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat seperti ini.

Jika berkenan, silakan manfaatkan fasilitas donasi berikut ini.

gopay


Terbaru