Pemain Bola Berpengaruh di Instagram versi Nielsen: Cristiano Ronaldo di Puncak

Kamis, 22 September 2022 | 15:31 WIB   Reporter: SS. Kurniawan
Pemain Bola Berpengaruh di Instagram versi Nielsen: Cristiano Ronaldo di Puncak

ILUSTRASI. Cristiano Ronaldo menjadi pemain sepak bola berpengaruh di Instagram yang akan berlaga dalam Piala Dunia 2022 versi Nielsen. REUTERS/Toby Melville.


TOKOH - Nielsen InfluenceScope menyebutkan, Cristiano Ronaldo memimpin dalam daftar pemain sepak bola berpengaruh di Instagram yang akan berlaga dalam Piala Dunia 2022. 

Cristiano Ronaldo, pemain sepak bola asal Portugal, berhasil mengungguli Lionel Messi, Neymar, dan Kylian Mbappe.

Peringkat ini berasal dari pengukuran influencer Nielsen, InfluencceScope. 

Dengan memanfaatkan platform ini, Nielsen mampu mengukur jumlah dan pertumbuhan followers, engagement rate, serta rata-rata brand value dari tiap post yang ada di Instagram untuk menentukan pemain mana yang bisa memberikan Social Media Value tertinggi dengan biaya tertentu.

Baca Juga: Tidak Ada Messi, Ini Daftar 30 Nominasi Peraih Ballon d'Or 2022

Hasilnya, Cristiano Ronaldo, yang telah menjadi superstar global selama hampir 20 tahun dengan bermain untuk Manchester United, Real Madrid, dan Juventus, mampu meningkatkan jumlah followers Instagramnya hingga dua kali lipat atau sekitar 47% dalam setahun terakhir.

Penyerang Paris Saint-Germain Lionel Messi berada di urutan setelah Ronaldo. Nilai media Messi lebih dari US$ 2,6 juta per posting dengan 358 juta pengikut.

Sementara penyerang Paris Saint-Germain lainnya, Neymar, dan Kylian Mbappe berada di urutan setelah Messi, masing-masing dengan nilai media rata-rata lebih dari US$ 1 juta per posting. 

Adapun superstar baru dan muda dari Brasil, Vinícius Júnior, yang berhasil mencetak gol kemenangan Real Madrid di final Liga Champions 2022, pengikut Instagram-nya melonjak 90% pada musim lalu.

Ini menjadi pertumbuhan tertinggi dalam peringkat 10 pemain paling berpengaruh dalam riset Nielsen.

Baca Juga: Daftar Pemain Bintang yang Diprediksi Akan Meramaikan Piala Dunia 2022 Qatar

N’Golo Kanté, yang baru saja memenangkan Piala Dunia, Liga Champions, dan Liga Premier, memiliki engagement rate tertinggi dengan para followers-nya dalam peringkat Nielsen, yakni 11%. 

Kanté menjadi satu-satunya pemain Liga Premier Inggris yang berhasil menembus 10 peringkat teratas Nielsen.

Sedang gelandang Barcelona dan Spanyol Gavi adalah Breakthrough Players teratas dalam indeks Nielsen tentang kemungkinan pemain Piala Dunia. Posisi Gavi berada di atas Raphinha dan Antony dari Brasil.

Gavi, yang debut di Barcelona dan Spanyol pada tahun lalu, menambah followers-nya lebih dari 5.000% sejak Agustus 2021 hingga mencapai 5,5 juta pengikut. Posting-nya memiliki engagement rate yang luar biasa, hampir 30%.

Baca Juga: Berbagi Sepatu Emas dengan Salah, Son Heung-Min Pemain Asia Top Skorer Liga Inggris

Perpindahan Raphinha dari Leeds United ke Barcelona dan transfer Antony dari Ajax ke Manchester United pada Agustus 2022 ikut mendorong kedua pemain sayap ini untuk naik dalam jajaran Breakthrough Players.

Marco Nazzari, Managing Director of International Sport Nielsen mengatakan, dengan beragam atlet paling terkenal di dunia bersaing memperebutkan Piala Dunia, tentunya akan menarik perhatian hampir satu miliar orang. 

"Piala Dunia memberikan peluang unik bagi brand untuk bermitra dengan pesepakbola yang tepat untuk secara efektif melibatkan target audiens mereka," katanya dalam keterangan tertulis, Kamis (22/9).

"Nielsen InfluenceScope mengevaluasi semua aspek pengaruh pemain tertentu sehingga brand dapat memastikan bahwa mereka menerima tingkat pengembalian yang sesuai berdasarkan investasi yang tepat," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru