Internet

Pengganti Zoom di laptop, tiga aplikasi ini bisa jadi alternatif online meeting

Selasa, 28 Juli 2020 | 14:08 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Pengganti Zoom di laptop, tiga aplikasi ini bisa jadi alternatif online meeting

ILUSTRASI. Tak hanya aplikasi Zoom di laptop, Anda juga bisa menggunakan aplikasi lain saat rapat.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selama pandemi virus corona baru, ada banyak kegiatan yang orang lakukan secara online, termasuk rapat atau meeting dengan rekan kerja. Aplikasi Zoom di laptop menjadi salah satu primadona sehingga banyak orang gunakan.

Namun, tak hanya aplikasi Zoom di laptop yang bisa Anda manfaatkan untuk bertemu dengan orang lain secara virtual. Seditaknya ada tiga aplikasi lain layaknya Zoom yang bisa Anda pakai untuk meeting. 

Fungsi dari menggunakan aplikasi-aplikasi ini tentu saja agar pekerjaan bisa Anda bahas seperti rapat langsung di kantor. Biar tujuan tersebut bisa tercapai, mengutip  menurut Hygger Blog, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

  • Kualitas video dan audio tidak banyak terganggu oleh koneksi internet.
  • Aplikasi Zoom di laptop dan aplikasi lainnya memiliki fitur pengiriman file dan fitur edit file yang bisa dilakukan secara langsung.
  • Aplikasi juga memiliki fitur berbagi layar (screen sharing) untuk memudahkan pembahasan rapat yang sedang dilakukan.

Baca Juga: Cara membuat Google Form, ditambah desain agar lebih menarik

Hanya, tidak semua aplikasi bisa memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut. Tapi, Anda tak perlu khawatir. Hygger Blog merekomendasikan 3 aplikasi selain Zoom di laptop yang bisa Anda coba untuk online meeting:

Google Hangouts

Selain aplikasi Zoom di laptop, Anda juga bisa menggunakan Google Hangouts. Aplikasi ini sudah lama Google sediakan dan tentu saja Anda bisa menggunakannya secara gratis.

Meski sudah lama Google buat, beberapa update atau pembaruan Google Hangouts membuat rapat Anda bisa berjalan dengan lancar.

Go To Meeting

Hygger Blog menyebutkan, Go To Meeting adalah aplikasi selain aplikasi Zoom di laptop yang banyak perusahaan dan pekerja gunakan untuk melangsungkan rapat virtual.

Go To Meeting mampu memenuhi kebutuhan setiap penggunanya. Mulai dari video berkualitas tinggi, koneksi yang stabil, hingga fitur screen sharing saat panggilan suara.

Baca Juga: Semakin interaktif, aplikasi Facebook Messenger kini dukung fitur share screen

Hanya, Go To Meeting bisa Anda pakai secara gratis jika peserta panggilan video tidak lebih dari 3 orang. Kalau peserta rapat berjumlah lebih dari 3, kena tarif US$ 39 tiap bulan untuk 25 pengguna dan US$ 59 per bulan untuk 100 pengguna.

Ready Talk

Ready Talk juga bisa Anda coba untuk mengadakan rapat bersama rekan satu tim. Menurut Hygger Blog, aplikasi ini cukup cepat dan memuaskan ketika Anda gunakan.

Kualitas audio dan video tinggi serta dapat Anda gunakan untuk mengunduh 4 layar video secara terus-menerus. Ready Talk juga memiliki technical support sendiri sehingga sangat terpercaya untuk Anda pakai. 

Sama seperti Go To Meeting, Anda perlu mengeluarkan biaya untuk memakai aplikasi ini. Untuk 10 pengguna, Anda harus membayar US$ 24 per bulan. Sementara untuk 100 pengguna, biayanya US$ 59.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru