Penting! Ini 5 soal psikotes kerja yang sering dipakai HRD perusahaan

Sabtu, 18 Juli 2020 | 09:30 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Penting! Ini 5 soal psikotes kerja yang sering dipakai HRD perusahaan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam proses rekrutmen kerja, kandidat biasanya akan mengikuti sesi psikotes, dimana mereka harus mengerjakan soal psikotes kerja tertentu. Bagi kandidat pemula, biasanya mereka belum mengetahui soal psikotes apa yang biasa diberikan saat sesi psikotes.

Beberapa perusahaan menggunakan satu atau dua soal psikotes kerja untuk melihat kepribadian kandidat. Tetapi tidak sedikit perusahaan atau instansi yang menggunakan lebih dari tiga jenis soal psikotes kerja agar kandidat yang terpilih sesuai dengan kriteria perusahaan.

Baca juga: Ingin beli Brompton, kenali dulu varian sepeda Brompton berikut ini

Berikut adalah soal psikotes menurut Glints, yang sering dipakai bagian personalia saat proses rekrutmen kerja. 

Soal psikotes logika aritmatika

Soal psikotes logika aritmatika

Logika aritmatika biasa digunakan sebagai soal psikotes kerja. Dalam sesi psikotes ini, peserta akan diberikan beberapa soal aritmatika dan penalaran, baik dalam bentuk angka maupun gambar. Jenis psikotes ini bertujuan untuk melihat kemampuan calon karyawan dalam memahami dan menganalisis pola tertentu.

Soal psikotes analogi verbal

Soal psikotes analogi verbal

Selain logika aritmatika, soal psikotes kerja jenis analogi verbal juga sering ditemui di proses rekrutmen kerja. Peserta diharuskan menjawab soal psikotes yang berkaitan dengan analogi kata, sinonim maupun antonim. Soal psikotes ini biasanya disajikan dalam 40 soal dan berfungsi untuk melihat kemampuan peserta rekrutmen dalam memahami sebab-akibat suatu persoalan.

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru