Penyalin Cahaya Segera di Netflix, Nama 1 Kru Dihapus karena Kasus Pelecehan Seksual

Rabu, 12 Januari 2022 | 12:31 WIB   Penulis: Mega Putri
Penyalin Cahaya Segera di Netflix, Nama 1 Kru Dihapus karena Kasus Pelecehan Seksual

Sikap tim produksi pada kasus dugaan pelecehan seksual oleh seorang kru dari film Penyalin Cahaya yang segera tayang di Netflix.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Film Penyalin Cahaya yang akan tayang di Netflix ramai dibicarakan karena kasus pelecehan seksual yang diduga dilakukan oleh seorang kru. Tim produksi pun mengambil sikap tegas. 

Penyalin Cahaya adalah film Indoneisa terbaru peraih 12 Piala Citra di Festival Film Indonesia tahun 2021. Film ini disutradarai oleh Wregas Bhanuteja.

Penyalin Cahaya segera tayang di Netflix. Sayangnya, jelang penayangannya, film ini justru ramai dibicarakan karena kasus seorang kru yang diduga melakukan pelecehan seksual. 

Baca Juga: 10 Drakor Terpopuler di Minggu Pertama Januari 2022, Our Beloved Summer Menguasai

Penyalin Cahaya

Rekata Studio dan Kaninga Pictures pun mengambil sikap tegas terhadap masalah ini. Tim produksi ini menghapus nama kru yang diduga adalah sang penulis naskah Penyalin Cahaya. 

Pernyataan sikap tim produksi Penyalin Cahaya

Rekata Studio dan Kaninga Pictures telah merilis pernyataan sikap yang berpihak pada penyintas. Ini mereka ungkapkan dalam pernyataan sikap yang dirilis melalui akun Instagram. 

"Kami Rekata Studios dan Kaninga Pictures berkomitmen untuk memberikan ruang aman yang bebas dari pelecehan seksual dan kami akan selalu berpihak pada penyintas," tulis Rekata Studio dan dan Kaninga Pictures. 

Pernyataan sikap tim produksi film Penyalin Cahaya

"Menjaga lingkungan produksi film yang bebas dari pelecehan seksual adalah juga merupakan misi utama kami," ujar mereka. Tim produksi memastikan, proses syuting selama 20 hari di Januari 2021 berjalan dengan aman. 

Tim produksi film Penyalin Cahaya menerima informasi tentang salah satu kru yang tercatat sebagai terlapor akan dugaan kasus pelecehan seksual di masa lalu dari suatu komunitas yang menangani isu tersebut. Kebersamaan pemeran dan tim produksi film Penyalin Cahaya

Baca Juga: Film The Raid Akan Diremake oleh Netflix, Sutradara Gareth Evans Turut Jadi Produser

Tim produksi pun mengambil sikap tegas. "Kami memutuskan untuk menghapus nama terlapor dari kredit film Penyalin Cahaya dan di materi-materi publikasi film," tulis tim produksi yang menjaga komitmen pada pelapor dan tanggungjawab etik. 

"Pihak terlapor tidak lagi menjadi bagian dari film Penyalin Cahaya dan Rekata Studio," tegas Rekata Studio. Tim produksi Penyalin Cahaya berharap proses setelah pelaporan terselesaikan dengan tepat. 

Kasus dugaan pelecehan seksual ini mencoreng kesuksesan Penyalin Cahaya di Festival Film Indonesia. Apalagi film ini mengangkat cerita tentang isu pelecehan seksual. Berikut sinopsis Penyalin Cahaya.  

Sinopsis film Penyalin Cahaya yang segera tayang Januari di Netflix di halaman selanjutnya >>>

Editor: Mega Putri
Terbaru