Perjalanan karir Arga Mahanana Nugraha di BRI hingga jadi direktur di usia 40 tahun

Minggu, 22 Agustus 2021 | 13:55 WIB   Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk
Perjalanan karir Arga Mahanana Nugraha di BRI hingga jadi direktur di usia 40 tahun


PERBANKAN - JAKARTA. Perjalanan karir Arga Mahanana Nugraha sebagai bankir tampaknya berjalan mulus tanpa hambatan. Bagaimana tidak, di usia yang masih terbilang muda, baru menginjak 40 tahun, dia sudah menduduki jabatan direksi di salah satu bank terbesar di Tanah Air. 

Arga diangkat menjadi Direktur Jaringan dan Layanan BRI pada Januari 2021 setelah 17 tahun berkarir di bank pelat merah tersebut. Padahal sejak kecil tak pernah sedikit pun terlintas di benak pria dengan latar belakang pendidikan Teknik Informatika bakal bekerja di bank. 

Ketika kecil, sebagaimana lazimnya anak-anak, cita-cita Arga selalu berubah-ubah. Dia pernah ingin jadi arsitek, lalu astronot, kemudian terakhir berubah ingin jadi polisi tetapi pupus pasca divonis harus pakai kacamata rabun jauh dengan dioptri yang cukup besar. 

Namun, sejak masih bocah, Arga sudah diperkenalkan oleh ayahnya dengan dengan dunia komputer. Sang ayah memang  penyuka teknologi. Itu membuatnya sangat senang bermain gaming dan merakit personal computer (PC) sendiri. 

Baca Juga: Pembukaan rekening Kartu Prakerja dapat dilakukan secara online di BNI

Perlahan, dia seperti ditarik kedua komputer. Dari hobi itu, Arga berhasil membuka usaha kecil-kecilan bulletin board system (prekursor online communities) dan konsultan Internet saat masih duduk di bangku SMP.  Itu terus berlanjut hingga akhirnya dia bertekad harus berkarir di bidang IT dan bahkan sampai punya slogan sendiri " informatika atau mati".

Untuk mencapai cita-cita tersebut, dia mengambil kuliah jurusan teknik informatika di Universitas Bina Nusantara. Latar belakang pendidikan inilah yang kemudian mengantarkannya menjadi bankir seperti saat ini.

Arga memulai karirnya BRI mulai tahun 2004, setelah sempat bertualang singkat selama satu tahun sebagai web programmer di sebuah software house sebelum resmi resmi menjadi sarjana IT.  Dia memulai karirnya sebagai staf IT Auditor. Dia diterima setelah melalui tujuh rangkaian tes dan seleksi yang menantang. 

Pada tahapan terakhir, Arga diwawancara oleh Sarwono Sudarto petinggi BRI yang menjadi calon user. Saat ditanyai apakah paham apa tugas auditor IT, dia menjawab hanya mengetahui tugas aditor reguler dan justru bertanya balik kepada pewawancara. 

Meskipun dialog akhirnya berujung dengan user menerangkan pekerjaan auditor IT, Arga tetap lulus karena hasil dan nilai seleksinya yang lain cukup membantu untuk menyelamatkannya.

Baca Juga: CIMB Thai dan CIMB Niaga sediakan layanan pembayaran QR lintas negara

Meskipun latar belakang pendidikannya dari teknik informatika, perjalanan karir Arga di BRI kemudian menjadi cukup beragam. Dia tidak mentok di bidang IT saja. Setelah berpetualang di beberapa posisi di sisi risk & control (Auditor IT dan IT Internal Controller),  Arga kemudian masuk ke bisnis support  yakni sebagai IT Strategic Planner dan MIS Developer

Lima tahun berselang, dia kemudian mendapatkan kesempatan dari BRI mengambil gelar master dari Carnegie Mellon University.  Kembali bekerja lagi, dia masuk ke ranah transaction banking, mulai cash management system untuk segmen wholesal, kemudian payment, card, & e-banking di segmen ritel, dan terakhir di bisnis keagenan Laku Pandai. 

Tantangan menjadi bankir 

Arga melihat tantangan bankir adalah disrupsi. Dalam berbagai ulasan, industri jasa keuangan selalu ada di daftar teratas industri yang akan terdisrupsi. Pemain lama maupun pemain baru selalu mencari peluang perbaikan dan optimisasi value yang bisa diberikan kepada nasabah. 

Perbankan harus memiliki strategi resiko. Jika bank tidak berubah atau berubah tetapi dengan strategi yang tidak tepat maka kana berujung pada irelevansi perusahaan dan kegagalannya dalam mengantarkan value ke nasabah.

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru