Perkenalkan Hyundai Bayon, mobil SUV teranyar dari Hyundai

Rabu, 03 Maret 2021 | 16:30 WIB Sumber: Carscoops
Perkenalkan Hyundai Bayon,  mobil SUV teranyar dari Hyundai


MOBIL BARU - INCHEON. Hyundai merilis segmen mobil SUV bernama Hyundai Bayon. Bayon akan dirilis sebagai segmen menengah tepat di bawah Hyundai Kona. Hyundai Bayon akan bersaing dengan mobil seperti Ford Puma, Volkswagen T-Cross dan Nissan Juke.

Hyundai Bayon diperkirakan berbanderol sekitar £ 17.000 atau sekitar Rp 339 juta, ketika mendarat di ruang showroom musim panas ini. Harga tersebut lebih rendah dibandingkan dengan harga awal Kona seharga £ 21.060 atau sekitar Rp 421 juta di Inggris.

Mengutip dari Carscoops, nama Bayon yang diucapkan Bye-Onn, berasal dari nama ibu kota Negara Basque Prancis. Nama Bayon dipilih untuk mencerminkan bahwa mobil Hyundai ini dirancang khusus dengan menggebrak pasar Eropa. 

Hyundai Bayon juga diklaim tidak untuk berkendara offroad. Tercatat, Hyundai Bayon menawarkan ruang interior dan ruang bagasi yang sedikit lebih banyak (411 liter).

Baca Juga: Intip teaser Hyundai Bayon, SUV terbaru saudara Kona

Mobil Hyundai Bayon resmi dirilis sebagai saudara Hyundai Kona

Dimensi mobil Hyundai Bayon juga memiliki panjang 4.180mm, lebar 1.775mm, bersama wheelbase 2.580mm. Hyundai Bayon didasarkan pada hatchback i20 kecil Hyundai dan tidak ditawarkan dengan penggerak empat roda (4WD). Sehingga hanya tersedia penggerak roda depan (FWD)

Meski diprediksi hanya untuk pasar Eropa, pihak Hyundai mengintegrasikan beberapa desain dari mobil Hyundai Kona untuk memberi Bayon tampilan yang jauh lebih tegas.

Terlihat paling jelas adalah lampu DRL tipis yang memisahkan kap mesin dari bemper di bawah, sementara lampu depan berbentuk panah seperti lampu bagian belakang.

Baca Juga: Mobil listrik Hyundai Ioniq 5 resmi dirilis, punya spesifikasi garang

Mobil Hyundai Bayon resmi mengaspal sebagai saudara Hyundai Kona

Interior, di sisi lain, diangkat hampir sama dari mobil Hyundai i20. Semua versi hadir dengan paket instrumen digital 10,25 inci yang dipasang di belakang roda kemudi.

Instrumen tersebut dipasangkan dengan salah satu dari dua layar sentuh di bagian atas dasbor: versi dasar 8 inci atau alternatif 10,25 inci yang mencakup navigasi.

Hyundai Bayon dirilis dalam dua versi mesin tubocharged 1.0 liter tiga silinder yang sama. Opsi dasar menghasilkan 99 horsepower dan torsi mencapai 172 Nm.

Sementara versi tertinggi mobil Hyundai Bayon memiliki ukuran yang lebih besar dengan tenaga hingga 119 horsepower, meskipun torsi tetap sama.

Kedua mesin mendapatkan bantuan hybrid ringan sebesar 48v dan menjadi standar dengan transmisi manual enam percepatan. Bahkan Hyundai Bayon memiliki perangkat lunak penurunan gigi yang sesuai dengan putaran, atau dapat meningkatkan ke DCT tujuh percepatan.

Selanjutnya: Begini penampakan awal Hyundai Kona N, varian bertenaga dari seri Kona

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru