Perlu menerjemahkan dokumen dalam sekejap, pakai saja Google Translate

Sabtu, 06 Juli 2019 | 11:22 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Perlu menerjemahkan dokumen dalam sekejap, pakai saja Google Translate


GAYA HIDUP - JAKARTA. Google Translate dapat menerjemahkan kata secara otomatis ke dalam berbagai bahasa. Pengguna cukup menyediakan komputer dan internet untuk dapat mengakses layanan ini.  

Google Translate memberikan kemudahan pengguna untuk menerjemahkan kata atau kalimat ke berbagai bahasa. Sehingga, pengguna tidak perlu lagi repot membuka kamus untuk menerjemahkan setiap kata.

Dikutip dari translate,google.com, Google Translate menyediakan lebih dari 100 macam bahasa.

Google Translate dapat dioperasikan melalui komputer yang terkoneksi dengan internet. Sehingga, pengguna dapat menggunakannya di mana dan kapan pun.   

Cara menggunakannya pun cukup mudah, pertama Anda buka aplikasi Google Chrome yang terpasang di komputer. Tunggu sampai Google Chrome menampilkan halaman home.

Untuk Anda yang belum mempunyai aplikasi Google Chrome dapat menggunakan mesin pencari lainnya. Misalnya, Anda dapat menggunakan Mozilla Firefox atau Internet explorer.

Kemudian Anda ketikkan www.google.com di kolom pencarian. Tunggu beberapa saat, sampai Google menampilkan halaman home.  

Kedua, Anda klik ikon Google Apps yang berada di sebelah kanan atas halaman home. Kemudian Anda akan klik ikon translate yang berada tepat di bawah ikon contacts.  

Ketiga, Tunggu beberapa saat sampai Anda akan melihat halaman Google Translate muncul di layar komputer. Kemudian, Anda atur bahasa yang diinginkan. Sekedar info, Google Translate menyediakan lebih dari 20 bahasa asing.

Setelah itu, Anda dapat ketikan kata atau kalimat di dalam kotak sebelah kiri. Anda dapat melihat hasil terjemahan kata atau kalimat tersebut di kotak sebelah kanan.  

Google Translate memberikan fasilitas untuk menerjemahkan dokumen secara otomatis. Artinya, Anda tidak perlu mengetik kembali atau mengcopy- paste isi dokumen ke Google Translate.

Anda cukup klik "Documents" yang berada di sebelah kiri halaman Google Translate. Kemudian, Anda klik "Browse Your Computer" dan folder komputer

Anda akan melihat dua kotak pada halaman File Explorer pun muncul. Anda buka folder tempat dokumen disimpan kemudian klik "Open".

Kemudian, Anda akan melihat file dokumen tersebut terpasang di halaman Google Translate. Setelah itu, Anda klik "Translate" dan dalam sekejap isi dokumen sudah diterjemahkan secara otomatis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru