Pesona pagelaran pesta Ya’ahowu Nias 2017

Minggu, 26 November 2017 | 11:35 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Pesona pagelaran pesta Ya’ahowu Nias 2017


INDUSTRI PARIWISATA - JAKARTA. Kementerian Pariwisata (Kempar) mendukung penyelenggaraan Pesta Ya'ahowu yang akan berlangsung di Kota Gunungsitoli, Nias pada 23-26 November 2017. Penyelenggaraan pesta rakyat selain untuk melestarikan budaya masyarakat Nias, juga menjadi sarana untuk mempromosikan dan meningkatkan kunjungan wisatawan yang tahun ini ditargetkan sebanyak 25.000 orang.

Deputi BP3N, Esty Reko Astuti mengatakan, penyelenggaraan Pesta Ya’ahowu Nias 2017 ini yang pertama kalinya melibatkan empat pemerintah kabupaten dan satu pemerintah kota yang ada di Kepulauan Nias.

“Kemajuan pariwisata tidak bisa dilaksanakan sendiri-sendiri harus melibat semua unsur masyarakat dalam kekuatan Pentahelix (akademisi, pelaku bisnis, komunitas, pemerintah, dan media) dalam semangat kebersamaan Indonesia Incorporated,” kata Esty dalam keterangan pers, Minggu (26/11).

Esty optimistis pariwisata Nias akan semakin cepat berkembang dan dikenal masyarakat luas karena kepala daerah yang kompak dengan satu tujuan menjadikan Nias sebagai destinasi wisata unggulan. 

Ketua Tim Pelaksana Pesta Ya'ahowu Kepulauan Nias 2017 yang juga sebagai Wakil Walikota Gunungsitoli Sowaa Laoli menjelaskan, tujuan dari pesta ini adalah untuk mengenalkan budaya Nias sebagai daya tarik pariwisata sekaligus menjadi daerah tujuan wisata yang banyak diminati wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan nusantara (wisnus).

Pesta Ya'ahowu Kepulauan Nias 2017 yang berlangsung selama lima hari dimeriahkan beragam pertunjukan budaya dan seni dari masing-masing daerah di antaranya ragam permainan rakyat seperti Rago Ue, Fafusi, Fabelugama, Fabiri serta yang tidak ketinggalan adalah lompat batu khas Nias, Fahombo. Selain itu Festival Seni Pahat yang diikuti semua kabupaten dan kota serta pawai budaya diikuti para peserta dengan menggunakan pakaian adat bernuansa Nias.

Kunjungan wisatawan ke Nias tahun 2016 sebanyak 24.355 wisatawan (204 wisman dan 24.151 wisnus), sedangkan tahun ini diproyeksikan akan meningkat menjadi 24.659 wisatawan terdiri 24.353 wisnus dan 306 wisman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru