Piala Dunia 2030 akan Diselenggarakan di 6 Negara di 3 Benua

Kamis, 05 Oktober 2023 | 14:47 WIB Sumber: Reuters
Piala Dunia 2030 akan Diselenggarakan di 6 Negara di 3 Benua

ILUSTRASI. Soccer Football - FIFA World Cup Qatar 2022 -


FOOTBALL / SOCCER - FIFA dan para pemimpin sepak bola dunia mencapai kesepakatan pada hari Rabu (4/10). Di mana menerima satu penawar yang berasal dari Spanyol-Portugal untuk memasukkan Maroko, Argentina, Paraguay, dan Uruguay dalam turnamen yang akan dimainkan di tiga benua di enam negara.

Di antara pertimbangan utama adalah menemukan cara untuk merayakan ulang tahun ke-100 Piala Dunia di Uruguay, merupakan final turnamen perdana yang diadakan pada tahun 1930.

Argentina, Paraguay dan Uruguay ditargetkan untuk menjadi tuan rumah pertandingan pembuka untuk memulai Piala Dunia 2030. Dengan tujuan khusus untuk bermain di Montevideo, ibu kota Uruguay dan rumah dari final Piala Dunia 1930.

Baca Juga: Presiden Jokowi Tetapkan Keppres tentang Panitia Nasional Piala Dunia FIFA U-17 2023

"Piala Dunia yang ke-100 tidak akan jauh dari Amerika Selatan, tempat di mana semuanya dimulai," kata Alejandro Dominguez, presiden badan sepak bola Amerika Selatan, CONMEBOL.

"Piala Dunia 2030 akan dimainkan di tiga benua."

FIFA akan mengizinkan keenam tim nasional dari negara-negara tersebut untuk mendapatkan keikutsertaan secara otomatis dan Maroko akan menjadi negara Afrika Utara pertama yang menjadi tuan rumah.

Keputusan 2030 telah mempercepat proses pencarian tuan rumah untuk Piala Dunia 2034, yang akan diselenggarakan di Asia atau Oseania, kemungkinan besar pada bulan November dan Desember.

Di mana Arab Saudi kini menjadi kandidat utama untuk edisi 2034.

Kesepakatan FIFA 2030 masih harus mendapat persetujuan resmi pada 2024 dalam pertemuan 211 federasi anggota.

Baca Juga: Bukan JIS, Upacara Pembukaan FIFA World Cup U-17 digelar di Gelora Bung Tomo Surabaya

"Pada tahun 2030," kata presiden FIFA Gianni Infantino dalam sebuah pernyataan, "kita akan memiliki jejak global yang unik, tiga benua - Afrika, Eropa dan Amerika Selatan - enam negara - Argentina, Maroko, Paraguay, Portugal, Spanyol dan Uruguay - yang akan menyambut dan menyatukan dunia sembari merayakan bersama permainan yang indah, ulang tahun ke-100 dan Piala Dunia FIFA."

Jumlah peserta Piala Dunia saat ini, 32 tim, akan bertambah menjadi 48 tim, dimulai pada Piala Dunia 2026 yang akan diselenggarakan di Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada.

Football Supporters Europe, sebuah kelompok penggemar yang secara resmi diakui oleh Union of European Football Associations menyatakan, ketidaksenangannya dengan jarak tempuh yang sangat jauh yang harus ditempuh pada tahun 2030 dan percaya bahwa hal itu akan mendorong pencalonan Arab Saudi pada tahun 2034.

"FIFA melanjutkan siklus kehancurannya terhadap turnamen terbesar di dunia," kata sebuah pernyataan FSE.

Baca Juga: FIFA Luncurkan Lambang Resmi Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia

"Menghebohkan para pendukung, mengabaikan lingkungan dan menggelar karpet merah untuk tuan rumah 2034 dengan catatan hak asasi manusia yang mengerikan."

Turnamen 2030 yang terdiri dari 104 pertandingan ini akan berlangsung pada bulan Juni dan Juli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru