Piala Dunia U-17, Indonesia Vs Panama Bermain Imbang: Garuda Masih Berpeluang Lolos

Senin, 13 November 2023 | 21:40 WIB Sumber: Kompas.com
Piala Dunia U-17, Indonesia Vs Panama Bermain Imbang: Garuda Masih Berpeluang Lolos

ILUSTRASI. Pesepak bola Timnas Indonesia berfoto sebelum pertandingan laga penyisihan Grup A Piala Dunia U-17 melawan Timnas Panama di Gelora Bung Tomo Stadium, Surabaya, Senin (12/11/2023). ANTARA FOTO/Aribowo Sucipto/Spt.


PIALA DUNIA U-17 - JAKARTA. Indonesia bermain imbang dengan Panama pada lanjutan fase grup Piala Dunia U17 2023. Gol balasan Arkhan Kaka membuat Garuda masih berpeluang lolos ke babak 16 besar.

Timnas U17 Indonesia besutan Bima Sakti melawan Panama pada matchday kedua Grup A Piala Dunia U17 2023.

Laga Indonesia vs Panama tersebut digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, pada Senin (13/11/2023) malam WIB. Pada matchday pertama, Indonesia bermain imbang 1-1 dengan Ekuador.

Sementara itu, Panama kalah 0-2 dari Maroko.

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia U-17 2023, Ini Prediksi Indonesia vs Panama Hari Ini

Ulasan laga 

Panama tampil lebih dominan pada babak pertama. Mereka coba memanfaatkan kecepatan sayap untuk membongkar pertahanan Indonesia.

Kapten timnas U17 Indonesia, Iqbal Gwijangge, nyaris melakukan gol bunuh diri pada menit ke-14 saat coba menghalau bola mendatar dari sisi kiri pertahanan Garuda.

Indonesia membalas lewat aksi Ji Da-bin. Ia melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, tetapi masih melambung. Ini adalah peluang berbahaya pertama yang diciptakan anak asuh Bima Sakti.

Panama mulai nyaman menguasai bola selepas menit ke-30. Kesalahan umpan pemain Indonesia dimanfaatkan Panama untuk melancarkan serangan balik cepat.

Terus menekan, Panama akhirnya bisa memecah kebuntuan menjelang akhir babak pertama. Tepat pada menit ke-45+3, Oldemar Castillo mampu menjebol gawang Indonesia yang dikawal Ikram Al Giffari.

Baca Juga: Inggris Pesta Gol Lawan Kaledonia Baru di JIS

Gol Castillo tersebut membuat Panama menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0 atas Indonesia. Memasuki babak kedua, Bima Sakti melakukan perubahan.

Ia memasukkan Nabil Asyura dan Amar Brkic. Keputusan Indonesia meningkatkan intensitas serangan pada awal babak kedua membuahkan hasil.

Garuda bisa mencetak gol melalui sundulan Arkhan Kaka pada menit ke-54. Umpan lambung Welber Jardim dituntaskan oleh Arkhan yang mampu menyelinap di antara penjagaan pemain lawan.

Gol kedua Arkhan Kaka pada Piala Dunia U17 2023 itu membuat Indonesia menyamakan skor 1-1.

Keberhasilan Arkhan Kaka mencetak gol balasan meningkatkan moral Indonesia. Garuda kini berani balik menekan. Pada menit ke-67, Arkhan kembali mendapat peluang emas.

Sayangnya, sepakan terarah penyerang muda milik Persis Solo itu masih bisa ditepis kiper Panama, Manuel Romero. Peluang bagi Indonesia kembali datang apda menit ke-80. Iqbal Gwijangge yang berdiri di tiang dekat hampir mencetak gol, tetapi bola masih bisa diamankan Romero.

Baca Juga: Transjakarta Sediakan Layanan Khusus untuk Penonton Piala Dunia di JIS

Pada lima menit sisa waktu normal babak kedua, Panama balik menggempur pertahanan Indonesia. Peluang mereka lewat sundulan digagalkan oleh mistar gawang. Setelah itu, Indonesia dan Panama saling balas serangan. Akan tetapi, kedua tim tak mampu menambah gol.

 Skor akhir, Indonesia bermain imbang 1-1 dengan Panama. Hasil ini membuat Tim Garuda masih berpeluang lolos ke babak 16 besar.

Pada pertandingan lain di Grup A, Ekuador berhasil mengalahkan Maroko 2-0. Adapun pada matchday pamungkas, Maroko akan menjadi lawan Indonesia.

Tim Garuda bisa lolos ke babak 16 besar Piala Dunia U17 2023 jika mampu mengalahkan Maroko.

Indonesia 1-1 Panama (Arkhan Kaka 54' - Oldemar Castillo 45' +3)

Susunan pemain Indonesia vs Panama

Indonesia (4-3-3): 1-Ikram Al Giffari (PG); 12-Welberlieskott Jardim, 21-Iqbal Gwijangge, 14-Sulthan Zaky, 20-Habil Akbar; 10-Ji Da-bin (Achmad Zidan 64'), 7-Figo Dennis (Hanif Ramadhan 64'), 9-Muhammad Rizky (Amar Brkic 46'); 18-Jehan Pahlevi (Nabil Asyura 46'), 8-Arkhan Kaka, 11-Riski Afrisal

Panama (4-4-2): 1-Manuel Romero (PG); 5-Juan Hall, 13-Erick Diaz, 3-Martin Krug, 14-Juan Jimenez (Joshua Pierre 46'); 11-Oldemar Castillo, 6-Anel Ryce, 10-Eric Moreno, 16-Jael Pierre (Kevin Walder 46'); 18-Hector Rios, 9-Frederick Krug

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hasil Indonesia Vs Panama 1-1: Arkhan Kaka Cetak Gol Lagi, Garuda Masih Berpeluang Lolos"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru