Sport

Pimpin klasemen di akhir Agustus, pertanda Liverpool gagal lagi jadi juara?

Selasa, 03 September 2019 | 02:00 WIB   Reporter: kompas.com
Pimpin klasemen di akhir Agustus, pertanda Liverpool gagal lagi jadi juara?

KONTAN.CO.ID - Liverpool melakukan start sempurna pada Liga Inggris musim 2019-2020. Klub berjulukan The Reds itu menyapu bersih kemenangan dari empat laga yang sudah mereka lakoni.

Terkini, Si Merah menang 3-0 atas Burnley di Turf Moor, Sabtu (31/8) lalu. Sebelum mengalahkan Burnley, Liverpool juga menang atas Norwich City 4-1, Southampton 2-1, dan Arsenal 3-1.

Jika digabungkan dengan musim lalu, Liverpool sekarang sedang dalam rentetan 13 laga selalu menang di Premier League. Tim asuhan Juergen Klopp membuat rekor baru klub.

Sebelum ini, catatan terbaik Liverpool adalah menang 12 kali beruntun di divisi utama Liga Inggris. Rekor lama itu tertoreh oleh tim besutan Kenny Dalglish pada musim 1989-1990 dan 1990-1991.

Baca Juga: Pelatih Liverpool sulit memprediksi siapa juara Liga Champions

Liverpool kini memimpin klasemen Liga Inggris. Mereka menjadi satu-satunya klub yang meraih hasil sempurna dalam empat pertandingan.

Tapi, menjadi pemuncak klasemen Liga Inggris pada akhir Agustus ternyata bukan jaminan Liverpool akan menjadi juara. Fakta sejarah malah memperlihatkan, klub yang memuncaki klasemen Premier League akhir Agustus lebih sering gagal menjadi kampiun.

Seperti dikutip Bolasport.com dari Opta, dalam 12 musim terakhir, ada 10 kejadian klub yang berada di posisi pertama klasemen pada akhir Agustus akhirnya gagal menjadi juara. Hanya Chelsea yang jadi pengecualian pada musim 2009-2010 dan 2014-2015.

Baca Juga: The Reds jamu Norwich City di laga perdana laga Premier League dini hari nanti

Tetapi, Juergen Klopp menggarisbawahi rasa lapar Liverpool pada kemenangan yang membuat mereka bisa mengukir rekor. Rasa lapar itu yang Klopp harapkan bisa terjaga sampai akhir musim.

"Tiga belas kali menang secara beruntun memperlihatkan sikap para pemain. Kami respek pada semua lawan," kata Klopp di situs resmi klub.

"Sekarang periode paling intens dalam musim ini akan datang. Pada September, saya pikir kami akan menghadapi lima partai tandang dan satu partai kandang. Kami melakukan start dengan bagus dan semoga performa ini bertahan," imbuh Klopp.

Penulis: Faishal Raihan

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pimpin Klasemen pada Akhir Agustus, Pertanda Liverpool Next Year Lagi?"


Editor: S.S. Kurniawan


Terbaru