​Profil Nani Wijaya, Pemeran Emak di Bajaj Bajuri yang Meninggal di Usia 78 Tahun

Kamis, 16 Maret 2023 | 08:14 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
​Profil Nani Wijaya, Pemeran Emak di Bajaj Bajuri yang Meninggal di Usia 78 Tahun

ILUSTRASI. Artis senior Nani Wijaya meninggal dunia pada Kamis (16/3/2023).


PROFIL - Artis senior Nani Wijaya meninggal dunia pada Kamis (16/3/2023). Kabar tersebut disampaikan putrinya, Cahya Kamila, lewat akun Instagramnya. "INNALILLAHIWINAILAIHIROJIUN Telah bepulang ibunda kami tercinta dengan tenang Ibu Hj. Nani Widjaya di RS Fatmawati 16 Maret 2023 pada pukul 3.28 WIB," tulis Cahya dikutip Kompas.com (16/3/2023).

Sebelumnya, Nani Wijaya sempat dirawat secara intensif di RSUP Fatmawati karena mengalami sesak napas. Pemain sinetron Bajaj Bajuri tersebut bahkan dirawat di High Care Unit (HCU) karena perlu pengawasan khusus dari dokter. 

"Mohon dimaafkan segala kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja," tulis Cahya. Nani Wijaya dikenal sebagai perannya sebagai emak di Bajaj Bajuri. 

Baca Juga: Jumlah Penonton Sri Asih Dibintangi Pevita Pearce di Bioskop, Tuai Banyak Pujian

Profil Nani Wijaya

Nani Wijaya adalah aktris senior dengan segudang pengalaman di perfilman Indonesia. Nani Wijaya pernah dianugerahi dua Piala Citra yang didapatnya tahun 1978 dan 1983.

Dikutip dari laman Pop.grid.id dan Kompas.com, berikut adalah biodata Nani Wijaya: 

  • Nama lengkap: Nani Wijaya
  • Nama panggung: Nani Wijaya
  • Tempat, tanggal lahir: Cirebon, 10 November 1944
  • Pekerjaan: Pemeran
  • Tahun Aktif: 1960-sekarang

Baca Juga: Film-film Indonesia yang seru siap tayang di Netflix bulan Mei, apa saja?

Perjalanan karier Nani Wijaya

Nama Nani Wijaya populer setelah peran yang dia mainkan di film “Yang Muda Yang Bercinta” pada 1977. Nani Wijaya jatuh cinta pada dunia perfilman sejak remaja.

Nani Wijaya debut di dunia perfilman pada usia 16 tahun, dengan bermain sebagai pemeran pembantu dalam film “Darah Tinggi”. Setelah itu rentetan film-film baru pun ikut diperankan meski belum menjadi pemeran utama.

Seperti film-film terkenal “Si Doel Anak Betawi”, “Gara-Gara Janda Kaya”, “Roda-roda Gila”, “R.A. Kartini”, “Catatan si Boy IV”, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Daftar film Indonesia terbaru yang akan tayang di Netflix Mei 2021

Pada waktu itu, Nani Wijaya banyak terlibat sebagai pemeran pendukung atau pembantu. Namun, berkat totalitas aktingnya, Nani Wijaya didapuk sebagai Aktris Pembantu Terbaik Festival Film Indonesia dalam film “Yang Muda Yang Bercinta” pada tahun 1978.

Itulah penghargan pertama Nani Wijaya pada usia 34 tahun. Kemudian, pada 2005, Nani Wijaya kembali mendapatkan penghargaan sebagai Aktris Pembantu Sinetron Terpuji Festival Film Bandung untuk “Bajaj Bajuri”.

Setelah itu, Nani Wijaya masih aktif membintangi beberapa film layar lebar. Di antaranya adalah “Maling Kutang” (2009), “Ummi Aminah” (2012), dan “Mama Cake” (2012).

Baca Juga: Jangan terlewat, inilah film-film Indonesia terbaru di Netflix Mei 2021

Pada 2012, Nani Wijaya pun masuk dalam Nominasi Aktris Pemeran Utama Piala Maya 2012 dalam film “Ummi Aminah”. Selepas itu Nani juga membintangi banyak sinetron komedi di tanah air.

Wajah Nani Wijaya yang bolak-balik menghiasi berbagai film Tanah Air membuat dirinya dinobatkan sebagai anggota Golden Girls bersama Ida Kusumah, Connie Sutedja dan Rina Hassim.

Penobatan ini lantaran Nani Wijaya dianggap sebagai wanita yang kariernya harum di dunia film.

Baca Juga: Deretan film Indonesia terbaru di Netflix bulan Mei 2021, ada banyak cerita seru

Suami Nani Wijaya 

PEMAKAMAN MISBACH, SUAMI NANI WIJAYA

Aktris ini menikah dengan sutradara Misbach Yusa Biran pada 10 Januari 1969 hingga berpulangnya sang suami pada 11 April 2012.

Lima tahun kemudian, tepatnya pada 16 April 2017, Nani Wijaya kembali menikah dengan sastrawan Ajip Rosidi. Akan tetapi Ajip Rosidi tutup usia pada 29 Juli 2020.

Suami Nani Wijaya itu mengembuskan napas terakhir dalam perawatan pasca-operasi di RSUD Tidar Magelang, Jawa Tengah. Suami Nani Wijaya menjalani operasi karena mengalami pendarahan otak setelah terjatuh.

Baca Juga: Mulai komedi hingga romantis, ini 11 Film Indonesia terbaru di Netflix tayang Mei

Anak Nani Wijaya

Anak Nani Wijaya adalah artis Cahya Kamila dan Sukma Ayu. 

Sukma Ayu pernah dikenal luas setelah bermain dalam sinetron Kecil-kecil Jadi Manten (2002-2004). Anak Nani Wijaya, Sukma Ayu telah berpulang pada 25 September 2004.

Demikian profil dan perjalanan karier Nani Wijaya, pemeran emak dalam Bajaj Bajuri yang meninggal pada Kamis, 16 Maret 2023. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru