PS5 Pro Resmi Diumumkan, Simak Spek, Jadwal Rilis & Harga, Pemilik PS5 Layak Upgrade?

Rabu, 11 September 2024 | 09:07 WIB   Penulis: Arif Budianto
PS5 Pro Resmi Diumumkan, Simak Spek, Jadwal Rilis & Harga, Pemilik PS5 Layak Upgrade?

ILUSTRASI. PS5 Pro Resmi Diumumkan, Simak Spek, Jadwal Rilis & Harga, Pemilik PS5 Layak Upgrade?


PLAYSTATION 5 - Sony resmi mengumumkan PS5 Pro, simak spek atau spesifikasi, jadwal rilis dan harga yang harus ditebus untuk memiliki model tergahar dari PS5. PS5 Pro bakal menghadirkan pengalaman frame rates tinggi 120 FPS dengan teknologi Ray Tracing mutakhir.

Konsol current gen milik Sony saat ini adalah PlayStation 5, disingkat PS5. 5 Tahun setelah rilisnya PS5, secara resmi Sony mengumumkan bahwa varian tertinggi dari PS5, yaitu PS5 Pro.

Melalui blog resminya pada Selasa, 10 September 2024, Sony mengungkap sejumlah informasi terbaru tentang PS5 Pro. Menurut Sony, kehadiran PlayStation 5 Pro merupakan upaya kerja keras mereka untuk meningkatkan pengalaman bermain game di konsol dan menghadirkan game-game hebat yang diharapkan oleh para gamers, khususnya gamer konsol PS5.

PS5 Pro mengedepankan performa dibanding model dasar PS5. PS5 Pro menawarkan fitur unggulan yang berofkus pada performa.

Konsol tersebut mengalami peningkatan GPU 67% dengan Compute Units lebih banyak dari PS5. Begitu pula dengan memori yang lebih kencang 28%.

Secara keseluruhan, hal itu memungkinkan rendering hingga 45% lebih cepat saat bermain game, sehingga mendapatkan pengalaman bermain yang jauh lebih lancar.

Peningkatan performa PS5 Pro juga memiliki Ray Tracing yang lebih canggih, lebih cepat dua hingga terkadang 3 kali lipat dari konsol PS5.

PS5 Pro juga memiliki fitur AI yang berfokus pada peningkatan performa dan visual. Sony memperkenalkan PlayStation Spectral Super Resolution, peningkatan performa hingga visual berbasis AI yang menggunakan machine learning untuk memberikan kejernihan pada gambar super tajam dengan menambahkan sejumlah detail yang luar biasa.

Tak berhenti sampai di situ saja, PS5 Pro juga bakal mendukung lebih dari 85000 game PS4 yang dapat dimainkan dengan memanfaatkan PS5 Pro Game Boost. Fitur tersebut dapat membuat pengalaman bermain game jadi lebih stabil atau mendapatkan peningkatan performa pada game PS4 dan PS5 yang didukung.

Embel-embel Pro memang membuat konsol terbaru PS5 ini jadi lebih tangguh dari model PS5 saat pertama kali rilis maupun model Slim.

PlayStation 5 Pro (PS5 Pro)

Simak spesifikasi lengkap PS5 Pro di bawah ini.

Baca Juga: Kapan Reset Season Honor of Kings (HoK)? Inilah Daftar Rank Setelah Reset Season

Spesifikasi PS5 Pro:

  • CPU: AMD Ryzen Zen 2 (8 core, 16 threads, 3.5 GHz)
  • GPU: - 60 Compute Units, 3.840 Streaming Multiprocessors
  • RAM: 16 GB GDDR6 at 448GB/s
  • Storage: 2 TB SSD (5.5GB/s read)
  • Output: 4K 120Hz, HDMI 2.1, 8K
  • WiFi: WiFi 7

Menurut situs IGN, spesifikasi GPU pada PS5 Pro setara dengan kartu grafis AMD Radeon RX 6800.

Dengan spesifikasi di atas, kira-kira berapa harga PS5 Pro dan kapan akan dirilis? Berikut jadwal rilis dan daftar harga PS5 Pro resmi di beberapa negara.

Jadwal Rilis PS5 Pro

PS5 Pro dijadwalkan akan rilis pada tanggal 7 November 2024. Gamers yang tertarik untuk memiliki konsol tersebut dapat memesan mulai tanggal 26 September 2024 melalui link resmi direct.playstation.com.

Demikian info terbaru tentang perkembangan konsol, khususnya PS5 Pro.

Baca Juga: Anime Vanguards Code September 2024, Cek Daftar Terbaru lengkap Cara Klaim di Roblox

Harga PS5 Pro:

  • $699.99 USD
  • £699.99 GBP
  • €799.99 EUR
  • ¥119,980 JPY (Termasuk pajak)

Sayangnya Sony belum mengumumkan harga resmi PS5 Pro di Indonesia. Jika mengikuti harga PS5 Pro pada daftar di atas, diperkirakan harga PS5 Pro adalah Rp 10 jutaan.

Meski begitu, harga tersebut bukan harga final, di mana akan ada pajak dan yang lainnya jika benar-benar masuk ke Indonesia.

Paket penjualan PS5 Pro ini sudah termasuk 2TB SSD yang menjadi penyimpanan bawaan, 1 buah kontroler DualSense dan game yang sudah terpasang Astro's Playroom.

Sebagai info, PS5 Pro ini tidak termasuk Disc Drive. Dengan kata lain, konsol tersebut hanya menghadirkan versi Digital dengan opsi Disc Drive yang dapat dibeli secara terpisah.

engan spesifikasi, fitur hingga harga yang ditawarkan, apakah pemilik PS5 layak untuk upgrade ke PS5 Pro?

Semuanya kembali kepada Anda sebagai gamer, PS5 Pro memang menawarkan peningkatan dari segi performa hingga visual, namun hal itu juga sebanding dengan harga yang harus ditebus.

Jika Anda hanya ingin sekedar memainkan game-game terbaru, mungkin PS5 masih cukup untuk menjalankan berbagai judul game baru nantinya.

Di sisi lain, kalau Anda mengincar performa hingga peningkatan grafis, PS5 Pro layak dibeli, apa lagi kalau tidak terbatas pada budget.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru