Rahasia eksis Rina Gunawan

Senin, 04 Maret 2019 | 18:41 WIB   Reporter: Petrus Dabu
Rahasia eksis Rina Gunawan


BISNIS PARA SELEBRITI -  Salah seorang pesohor yang belakangan malah lebih beken sebagai pengusaha di bidang event dan wedding organizer adalah Rina Gunawan. Artis yang dulu kerap bermain sinetron ini banyak menggeluti event launching produk, famiy gathering, acara perusahaan, dan pesta pernikahan.

Rina bercerita, banyak suka duka yang dia alami dalam menjalani bisnis yang mulai digelutinya sejak tahun 1991 itu. Misalnya saja, dia pernah mendapatkan order hanya sekali dalam lima bulan. Kemudian menjadi sekali dalam tiga bulan. Kini, order bisa datang tiap bulan.

Menurutnya, untuk bisa eksis pada bisnis event organizer, pelaku bisnis harus rajin ikut pitching atau tender sebuah event. Perempuan kelahiran Bandung, 28 Juni 1974 ini sudah kenyang merasakan asam garam persaingan dalam proses tender.

Namun kini, Rina mengaku dirinya sudah jarang ikut pitching. Maklumlah, dia sudah dipercaya klien sehingga order lebih banyak melalui penunjukan langsung.

Kata Rina, siapa pun yang terjun ke bisnis ini harus siap menerima kekalahan dalam proses pitching. Namun Rina punya resep agar punya peluang lebih besar untuk menang pitching. "Untuk bisa memenangkan persaingan, harus punya konsep yang bagus," ujarnya.

Tetapi, ada kalanya, konsep yang dibuat dengan pemikiran yang matang, malah diambil orang. "Itu saya juga pernah mengalami," ujarnya.

Untuk memiliki konsep yang bagus, lanjut rina, tentu perusahaan harus didukung oleh sumber daya manusia yang kreatif, berdedikasi tinggi dan disiplin. Dari tiga hal itu, yang paling penting bagi Rina adalah orang yang kreatif. Sebab, konsep yang baik hanya lahir dari ide-ide kreatif.

"Misalnya dari event peluncuran sebuah produk, apa yang harus dibuat, desain interior atau backdrop-nya bagaimana? Jadi memang butuh anak-anak yang kreatif," ujarnya.

Ngomong-ngomong, seperti apa bisnis event dan wedding organizer Rina tahun ini? Rina mengatakan, setahun terakhir ini untuk event memang agak lesu. Pertama, mungkin karena ini tahun politik. Kedua, prihatin juga dengan banyaknya bencana yang terjadi beberapa waktu terakhir, bebernya.

Menurut dia, banyak perusahaan yang mengurangi anggaran event dan menggantikannya dengan kegiatan penggalangan dana untuk korban bencana.

Untungnya, kata rina, order untuk acara wedding masih terus mengalir. "Alhamdulillah, yang wedding bisa jalan terus. Setiap bulan pasti ada saja yang menikah," ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Petrus Dabu

Terbaru