Otomotif

Recall mobil Xpander karena fuel pump, bagaimana mendeteksinya?

Rabu, 24 Juni 2020 | 08:04 WIB Sumber: Kompas.com
Recall mobil Xpander karena fuel pump, bagaimana mendeteksinya?

ILUSTRASI. Pramugari Garuda Indonesia berpose di depan Mitsubishi Xpander dalam acara serah terima di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten (11/12). Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia resmi menyerahkan sebanyak total 401 unit Xpander kepada Garuda Ind

KONTAN.CO.ID - Jakarta. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengumumkan kampanye perbaikan atau recall mobil Xpander. Sebelumnya, Mitsubishi Filipina dan Vietnam sudah lebih dulu recall mobil Xpander. Bagaimana mendeteksi permasalahan pada recall mobil Xpander?

Recall mobil Xpander ini karena ada masalah pada fuel pump atau pompa bensin yang membuat mesin tidak bekerja. Eiichiro Hamazaki, Director of After Sales Service PT MMKSI, dalam keterangan resminya (22/6/2020) mengatakan, recall mobil Xpander ini terjadi pada Xpander lansiran 11 Oktober 2017 hingga 31 Agustus 2019.

Baca juga: Youtuber paling laris Baim Wong juga handal berbisnis, ini daftarnya

Menurutnya pemilik mobil Xpander yang tidak mengalami masalah, ada baiknya juga melakukan pengecekan ke bengkel resmi. Hal ini dilakukan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan berkendara. “Indikasinya ialah ketika fuel pump di dalam tangki berhenti beroperasi, yang berpotensi mengakibatkan mesin tidak dapat dinyalakan atau berhenti bekerja,” ujar Hamazaki.

Sementara itu, Ketua Umum Xpander Mitsubishi Owner Club (X-MOC) Dani Bastian, mengatakan, salah satu ciri pompa bensin mobil Xpander bermasalah, yaitu mesin yang mati secara mendadak padahal sistem kelistrikan berfungsi normal. “Setelah mati tidak bisa langsung hidup. Jadi kebanyakan mobil tiba-tiba berhenti, kemudian tidak bisa distarter,” ujar Dani, kepada Kompas.com (22/6/2020). 

Menurut Dani, matinya mesin mobil Xpander yang bermasalah pada pompa bensin kebanyakan terjadi saat mobil dalam keadaan statis. “Ada beberapa kasus yang tiba-tiba mati saat dikendarai. Tapi paling banyak mobil mati saat keadaan diam, misal pagi-pagi mau starter tapi tidak nyala. Ada yang lagi di SPBU, selesai isi bensin tiba-tiba mobil tidak nyala,” katanya.

Baca juga: Kasus tiket pesawat mahal, KPPU vonis 7 maskapai bersalah, tapi tak dihukum, kenapa?

“Tapi sebetulnya setelah kita cek, setelah mobil mengalami gejala tersebut dan didiamkan, dia nyala lagi. Jadi enggak selalu muncul masalahnya,” ucap Dani.

(Dio Dananjaya)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Begini Ciri-ciri Kerusakan Pompa Bensin Mitsubishi Xpander",

Editor: Adi Wikanto


Terbaru