Rekomendasi 5 Makanan Sahur yang Bisa Membuat Tubuh Berenergi Sepanjang Hari

Selasa, 29 Maret 2022 | 16:00 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Rekomendasi 5 Makanan Sahur yang Bisa Membuat Tubuh Berenergi Sepanjang Hari

ILUSTRASI. Ayam adalah salah satu makanan yang cocok dikonsumsi saat sahur dan mampu membuat tubuh lebih berenergi sepanjang hari.


KESEHATAN -Jakarta. Menjelang bulan ramadan, seluruh umat Islam akan menjalankan ibadah puasa selama satu bulan. Sebelum berpuasa, biasanya seseorang melakukan sahur untuk mengkonsumsi makanan agar tubuh berenergi sepanjang hari. 

Meski hukumnya tidak wajib, sahur sangat bermanfaat untuk menjaga tubuh lebih dapat menahan lapar lebih lama. 

Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan sahur dengan mengkonsumsi makanan sehat yang bisa membuat tubuh lebih berenergi dan bisa melakukan berbagai aktivitas sepanjang hari serta baik untuk kesehatan. 

Baca Juga: Simak 8 Cara Menghilangkan dan Mencegah Bau Mulut Saat Puasa

Melansir dari NDTV, ada beberapa rekomendasi makanan untuk sahur yang bisa membuat tubuh lebih berenergi sepanjang hari. 

1. Telur

Telur adalah salah satu makanan yang cocok untuk dikonsumsi saat sahur. Pasalnya, telur mengandung banyak protein dan nutrisi yang baik untuk kesehatan serta mampu membuat tubuh merasa kenyang. 

2. Oatmeal

Oatmeal adalah makanan yang kaya akan protein yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, oatmeal juga menjadi salah satu sumber karbohidrat yang dapat menimbulkan rasa kenyang. Oleh karena itu oatmeal cocok untuk dikonsumsi saat sahur.

3. Ikan atau Ayam

Ikan atau ayam adalah makanan yang mungkin cukup populer disantap saat sahur. Hal tersebut dikarenakan kedua makanan tersebut mengandung protein tinggi yang bisa menjadi sumber energi saat berpuasa. 

Namun perlu Anda ketahui, disarankan untuk tidak memasak ikan atau ayam dengan cara digoreng karena dapat membuat Anda terasa lebih haus saat puasa.

Baca Juga: Ini 9 Tips Pola Makan Sehat bagi Anda yang Sibuk Kerja

4. Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran adalah makanan yang kaya akan mineral dan vitamin yang membantu seseorang merasa berenergi, khususnya saat berpuasa. 

Selain cocok untuk dijadikan makanan sahur, buah dan sayuran juga baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Tak heran buah dan sayuran kerap dijadikan salah satu menu diet.

5. Kacang

Mengkonsumsi kacang saat sahur juga dapat menambah energi dan merasa lebih kenyang saat puasa. Anda bisa mengkombinasikan kacang dengan susu, yogurt atau berbagai jenis makanan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru