Rekomendasi Kuliner Khas Cirebon yang Lezat, Pernah Coba Nasi Jamblang?

Selasa, 13 Agustus 2024 | 12:14 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Rekomendasi Kuliner Khas Cirebon yang Lezat, Pernah Coba Nasi Jamblang?

ILUSTRASI. Nasi Jamblang makanan khas cirebon di kedai Griya Kula Rawamangun Jakarta./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/01/05/2013.


KULINER - Simak rekomendasi kuliner khas Cirebon yang lezat dan wajib untuk dicoba. Kuliner khas Cirebon yang cukup populer dan menarik perhatian salah satunya nasi jamblang.

Cirebon merupakan sebuah kota di pesisir utara Jawa Barat, dikenal dengan kekayaan kuliner yang memadukan cita rasa khas Jawa dan pengaruh budaya pesisir. Jika Anda berkunjung ke Cirebon, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi berbagai hidangan lezat yang menjadi ikon kuliner kota ini. 

Melansir dari Wikipedia, Empal Gentong juga menjadi kuliner khas Cirebon yang lezat selain nasi jamblang.

Baca Juga: Harga Emas Antam Logam Mulia Naik Hari Selasa 13 Agustus 2024, Yuk Cek!

Selain itu, Berikut adalah beberapa rekomendasi kuliner khas Cirebon yang wajib Anda coba:

1. Nasi Jamblang

Nasi Jamblang merupakan hidangan yang sangat populer di Cirebon. Nasi ini disajikan dengan cara unik, yaitu menggunakan daun jati sebagai pembungkusnya. Dalam satu porsi Nasi Jamblang, Anda bisa memilih berbagai lauk seperti tahu, tempe, perkedel, sambal goreng ati, semur daging, dan masih banyak lagi. Salah satu tempat terkenal untuk mencicipi Nasi Jamblang adalah di Warung Nasi Jamblang Mang Dul.

Baca Juga: Daftar Harga Emas Hari Ini di Pegadaian Selasa (13/8/2024) Stagnan

2. Empal Gentong

Empal Gentong adalah hidangan berkuah yang mirip dengan gulai, tetapi menggunakan daging sapi yang dimasak dalam gentong (periuk tanah liat) dengan rempah-rempah khas. Kuahnya yang kental dan lezat sangat cocok dinikmati bersama nasi atau lontong. Empal Gentong Haji Apud adalah salah satu tempat legendaris yang menawarkan hidangan ini dengan cita rasa otentik.

3. Tahu Gejrot

Tahu Gejrot adalah makanan ringan yang terbuat dari tahu yang digoreng dan disajikan dengan kuah pedas manis yang terbuat dari campuran gula merah, asam, dan cabai. Hidangan ini biasanya disajikan dalam piring kecil dengan tahu yang dipotong-potong dan disiram kuah hingga meresap. Anda bisa menemukan penjual Tahu Gejrot di banyak sudut kota Cirebon, terutama di sekitar alun-alun dan pasar.

Baca Juga: Cara Daftar dan Aktivasi BCA Mobile Melalui Smartphone, Ikuti Langkah Berikut

4. Docang

Docang adalah makanan khas Cirebon yang terdiri dari lontong, daun singkong, tauge, parutan kelapa, dan kerupuk, yang kemudian disiram dengan kuah oncom pedas. Hidangan ini biasanya dinikmati sebagai sarapan pagi oleh warga lokal. Untuk mencicipi Docang yang otentik, Anda bisa mengunjungi penjual Docang yang berada di Pasar Kanoman.

5. Nasi Lengko

Nasi Lengko adalah hidangan sederhana namun kaya rasa yang terdiri dari nasi yang disajikan dengan tahu dan tempe goreng, mentimun, tauge, daun kucai, dan sambal kacang yang gurih. Hidangan ini biasanya disantap bersama dengan kerupuk dan kecap manis. Warung Nasi Lengko Haji Barno adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmati hidangan ini.

Baca Juga: Cara Mengatasi Penyimpanan Gmail Penuh, Ikuti 6 Langkah Ini

6. Mie Koclok

Mie Koclok merupakan hidangan mie yang disajikan dengan kuah santan kental, suwiran ayam, telur, dan sayuran. Rasanya yang gurih dan creamy menjadikan Mie Koclok sebagai salah satu kuliner favorit di Cirebon. Mie Koclok Panjunan adalah tempat legendaris yang terkenal dengan mie kocloknya yang nikmat.

7. Sega Lengko

Sega Lengko adalah variasi dari Nasi Lengko, tetapi dengan tambahan lauk yang lebih beragam seperti ayam goreng, daging sapi, atau bahkan ikan bakar. Rasanya yang sederhana namun memikat menjadikan Sega Lengko pilihan yang tepat untuk makan siang atau malam.

Baca Juga: Rekomendasi Kuliner Khas Korea Selatan yang Wajib Dicoba, Apa Saja?

8. Kerupuk Melarat

Kerupuk Melarat adalah camilan khas Cirebon yang unik karena digoreng tanpa minyak, melainkan menggunakan pasir yang sudah dipanaskan. Kerupuk ini biasanya berwarna-warni dan memiliki tekstur yang renyah. Kerupuk Melarat sering dijadikan oleh-oleh khas Cirebon dan bisa ditemukan di banyak toko oleh-oleh di kota ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru