Rekomendasi Kuliner Khas Jepang yang Wajib Dicoba, Tak Hanya Sushi

Kamis, 08 Agustus 2024 | 13:53 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Rekomendasi Kuliner Khas Jepang yang Wajib Dicoba, Tak Hanya Sushi

ILUSTRASI. Jenis sushi ala jepang


KULINER - Simak rekomendasi kuliner khas Jepang yang enak dan wajib dicoba saat berkunjung. Tak hanya kuliner, banyak juga destinasi wisata di Jepang yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi.

Jepang adalah surga bagi para pecinta kuliner. Dengan tradisi kuliner yang kaya dan beragam, negeri sakura ini menawarkan berbagai hidangan yang tidak hanya memanjakan lidah tetapi juga mencerminkan budaya dan sejarahnya. 

Melansir dari Wikipedia, Sushi, tempura, shabu-shabu, dan sukiyaki adalah kuliner Jepang yang populer di luar Jepang, termasuk di Indonesia.

Baca Juga: Daftar Kuliner Khas Gorontalo yang Wajib Dicoba, Apa Saja?

Berikut adalah beberapa kuliner khas Jepang yang wajib dicoba:

1. Sushi

Sushi adalah salah satu hidangan Jepang yang paling terkenal di dunia. Terbuat dari nasi yang diberi cuka dan disajikan dengan berbagai jenis seafood, sayuran, dan kadang-kadang buah. Beberapa varian populer termasuk Nigiri (irisan ikan di atas nasi), Sashimi (irisan ikan mentah tanpa nasi), dan Maki (gulungan nasi dengan isi di tengah dan nori di luar).

2. Ramen

Ramen adalah mie yang disajikan dalam kuah kaldu yang kaya rasa, biasanya berbahan dasar daging atau seafood. Terdapat berbagai jenis ramen, seperti Shoyu (kecap), Miso (pasta kacang kedelai), Shio (garam), dan Tonkotsu (kaldu tulang babi). Setiap jenis ramen memiliki karakteristik dan cita rasa uniknya sendiri.

Baca Juga: 7 Kuliner Khas Sumedang yang Lezat dan Wajib Dicoba, Apa Saja?

3. Tempura

Tempura adalah hidangan berupa seafood atau sayuran yang dicelupkan dalam adonan tepung ringan kemudian digoreng hingga renyah. Hidangan ini sering disajikan dengan saus celup yang terbuat dari kecap asin, dashi, dan mirin. Tempura biasanya dimakan dengan nasi atau sebagai lauk dalam set makanan.

4. Okonomiyaki

Okonomiyaki adalah pancake gurih Jepang yang terbuat dari campuran tepung, telur, kubis, dan berbagai bahan lainnya seperti daging, seafood, atau keju. Setelah dimasak, okonomiyaki biasanya diberi saus khusus, mayones, aonori (rumput laut kering), dan katsuobushi (serutan ikan kering).

5. Takoyaki

Takoyaki adalah bola-bola adonan tepung berisi potongan gurita yang digoreng dalam cetakan khusus. Hidangan ini biasanya disajikan dengan saus takoyaki, mayones, aonori, dan katsuobushi. Takoyaki adalah jajanan jalanan populer di Jepang, terutama di Osaka.

Baca Juga: Harga Emas Hari Ini di Pegadaian Antam, Galeri 24 dan UBS Kamis (8/8/2024) Anjlok

6. Soba

Soba adalah mie yang terbuat dari tepung buckwheat (soba). Mie ini bisa disajikan panas dalam kuah kaldu atau dingin dengan saus celup. Soba sering dinikmati bersama tempura atau sebagai bagian dari set makanan.

7. Udon

Udon adalah mie tebal yang terbuat dari tepung terigu. Hidangan ini biasanya disajikan dalam kuah kaldu yang gurih dengan berbagai topping seperti tempura, daging, atau sayuran. Udon dapat dinikmati panas atau dingin, tergantung musim dan preferensi pribadi.

Baca Juga: Mudah! Begini Cara Memindahkan M-Banking BCA Ke HP Baru

8. Yakitori

Yakitori adalah sate ayam ala Jepang yang dipanggang di atas arang. Potongan ayam dan kadang-kadang sayuran ditusuk dengan tusukan bambu, kemudian dipanggang dan diberi saus tare (saus manis dan asin) atau hanya diberi garam.

9. Sukiyaki

Sukiyaki adalah hidangan hot pot yang dimasak langsung di meja makan. Bahan-bahannya termasuk daging sapi yang diiris tipis, sayuran, tofu, dan shirataki (mie konnyaku). Semua bahan dimasak dalam panci dengan campuran saus yang terbuat dari kecap asin, gula, dan mirin.

Baca Juga: Rekomendasi Makanan Khas Italia yang Lezat dan Wajib Dicoba, Apa Saja?

10. Matcha Desserts

Matcha, atau teh hijau bubuk, banyak digunakan dalam berbagai hidangan pencuci mulut Jepang. Dari es krim, kue, mochi, hingga parfait, rasa matcha yang unik dan sedikit pahit memberikan keseimbangan sempurna dengan manisnya pencuci mulut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru