Rekomendasi Kuliner Khas Meksiko yang Terkenal Lezat, Apa Saja?

Rabu, 21 Agustus 2024 | 15:50 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Rekomendasi Kuliner Khas Meksiko yang Terkenal Lezat, Apa Saja?

ILUSTRASI. Simak rekomendasi kuliner khas Meksiko yang terkenal lezat dan patut dicoba. Kuliner khas Meksiko yang cukup populer di antaranya taco.


KULINER - Simak rekomendasi kuliner khas Meksiko yang terkenal lezat dan patut dicoba. Kuliner khas Meksiko yang cukup populer di antaranya taco.

Meksiko adalah salah satu destinasi kuliner paling menarik di dunia. Dengan perpaduan antara tradisi kuno dan pengaruh kolonial Spanyol, makanan Meksiko menawarkan berbagai rasa yang kaya dan beragam. 

Melansir dari Wikipedia, Kuliner Meksiko terkenal dengan sifatnya yang berwarna-warni, rasa dan kaya dengan protein (terutama dari sumber jagung), vitamin, dan mineral.

Baca Juga: Jadwal KRL Jabodetabek Hari Ini Rabu 21 Agustus 2024, Sudah Tahu?

Berikut adalah beberapa kuliner khas Meksiko yang terkenal dan wajib dicoba:

1. Taco

Taco adalah salah satu makanan jalanan paling ikonik di Meksiko. Terbuat dari tortilla yang bisa berisi daging sapi, ayam, babi, atau bahkan ikan, dan dilengkapi dengan bawang, cilantro, salsa, dan jeruk nipis, taco menawarkan ledakan rasa dalam setiap gigitannya. Varian taco seperti taco al pastor (daging babi panggang dengan bumbu rempah dan nanas) sangat populer dan layak dicoba.

2. Guacamole

Guacamole adalah saus atau celupan yang dibuat dari alpukat yang dihaluskan, dicampur dengan bawang merah, tomat, cabai, cilantro, dan perasan jeruk nipis. Rasanya yang segar dan creamy membuat guacamole menjadi pendamping yang sempurna untuk tortilla chips, taco, atau hidangan lainnya.

Baca Juga: Cek Lagi Jadwal KRL Solo Jogja Hari Rabu 21 Agustus 2024

3. Enchilada

Enchilada adalah hidangan yang terdiri dari tortilla yang digulung dan diisi dengan daging, keju, atau kacang, lalu disiram dengan saus cabai merah atau hijau. Setelah itu, enchilada dipanggang hingga matang sempurna. Hidangan ini biasanya disajikan dengan taburan keju, krim asam, dan selada.

4. Chiles en Nogada

Chiles en Nogada adalah hidangan tradisional yang biasanya disajikan saat perayaan Hari Kemerdekaan Meksiko. Hidangan ini terdiri dari poblano chiles yang diisi dengan campuran daging cincang, buah-buahan kering, dan rempah-rempah, lalu disiram dengan saus krim kenari dan dihiasi dengan biji delima. Hidangan ini melambangkan warna bendera Meksiko: hijau, putih, dan merah.

Baca Juga: Catat Formasi CPNS 2024 Pemkot Bandung, Apa Saja Persyaratannya?

5. Mole

Mole adalah saus cokelat pedas yang kaya rasa, terbuat dari campuran cabai, cokelat, rempah-rempah, dan berbagai bahan lainnya. Mole biasanya disajikan dengan ayam atau daging, dan menjadi salah satu hidangan paling kompleks dan menarik dalam masakan Meksiko. Varian terkenal termasuk Mole Poblano dan Mole Negro dari Oaxaca.

6. Tamales

Tamales adalah makanan tradisional Meksiko yang terbuat dari adonan jagung (masa) yang diisi dengan daging, keju, atau bahan manis, lalu dibungkus dalam daun jagung atau pisang dan dikukus hingga matang. Tamales biasanya dinikmati saat sarapan atau sebagai camilan.

7. Pozole

Pozole adalah sup jagung yang dimasak dengan daging (biasanya babi atau ayam) dan disajikan dengan berbagai topping seperti selada, lobak, bawang, dan jeruk nipis. Sup ini memiliki rasa yang hangat dan mengenyangkan, cocok dinikmati pada hari yang dingin. Pozole hadir dalam beberapa varian, seperti Pozole Rojo (merah) dan Pozole Verde (hijau), tergantung pada jenis cabai yang digunakan.

Baca Juga: Pendaftaran CPNS 2024 Pemprov Jabar Sudah Dibuka, Catat Formasi dan Persyaratanya

8. Tostadas

Tostadas adalah tortilla yang digoreng hingga renyah dan kemudian diisi dengan berbagai topping seperti kacang refried, daging, keju, selada, dan salsa. Hidangan ini memberikan kombinasi tekstur yang menyenangkan antara renyahnya tortilla dan lembutnya topping.

9. Quesadilla

Quesadilla adalah tortilla yang diisi dengan keju, kemudian dilipat dan dipanggang hingga keju meleleh. Quesadilla sering diisi dengan tambahan daging, jamur, atau bahan lain yang meningkatkan cita rasa. Disajikan dengan guacamole atau salsa, hidangan ini menjadi salah satu makanan favorit di Meksiko.

Baca Juga: Harga Emas Hari Ini di Pegadaian Rabu (21/8/2024) Antam, UBS dan Galeri 24

10. Ceviche

Ceviche adalah hidangan laut yang terdiri dari ikan atau makanan laut segar yang dimarinasi dalam jus jeruk atau lemon, dicampur dengan bawang, tomat, cilantro, dan cabai. Hidangan ini memiliki rasa asam yang menyegarkan dan biasanya disajikan sebagai hidangan pembuka atau camilan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru