Rekomendasi Wisata Kuliner di Balikpapan yang Khas dan Menggugah Selera

Minggu, 04 Agustus 2024 | 06:00 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Rekomendasi Wisata Kuliner di Balikpapan yang Khas dan Menggugah Selera

ILUSTRASI. Kepiting Kenari khas Balikpapan


KULINER - Simak rekomendasi wisata kuliner di Balikpapan yang khas dan menggugah selera. Salah satu kuliner khas Balikpapan yang wajib dicoba di antaranya Kepiting Kenari.

Balikpapan, sebuah kota di Kalimantan Timur, tidak hanya dikenal sebagai kota minyak, tetapi juga menawarkan berbagai kuliner khas yang menggugah selera. 

Melansir dari laman Bappedalitbang Kota Balikpapan, kuliner menjadi sesuatu hal yang diminati dan disukai hampir seluruh masyarakat kota Balikpapan.

Baca Juga: Jadwal Gregoria vs Ratchanok di Perempat Final Badminton Olimpiade Paris 2024

Berikut adalah beberapa tempat dan hidangan kuliner yang wajib Anda coba saat berkunjung ke Balikpapan:

1. Kepiting Kenari

Salah satu kuliner paling terkenal di Balikpapan adalah Kepiting Kenari. Hidangan ini menggunakan kepiting berukuran besar yang dimasak dengan berbagai bumbu khas. Anda dapat menemukan Kepiting Kenari di restoran-restoran seafood sepanjang Jalan Sudirman, seperti Dandito dan Kenari.

2. Pisang Gapit

Pisang Gapit adalah jajanan khas Balikpapan yang terbuat dari pisang yang dipanggang dan disajikan dengan saus gula merah kental. Anda bisa mencicipi Pisang Gapit di berbagai gerai pinggir jalan dan pasar tradisional, salah satu yang terkenal adalah di kawasan Pasar Inpres Kebun Sayur.

Baca Juga: Top Skor Piala Presiden 2024, Charles Lokolingoy Bersaing dengan Ramadhan Sananta

3. Roti Mantau

Balikpapan juga terkenal dengan Roti Mantau yang memiliki cita rasa manis dan aroma durian yang kuat. Roti ini biasanya dijual dalam bentuk roti bun dengan isian durian. 

4. Bubur Gunting

Bubur Gunting adalah hidangan penutup yang terdiri dari bubur yang terbuat dari tepung beras, dicampur dengan gula merah dan santan. Nama "Gunting" berasal dari cara memotong adonan bubur yang menyerupai gunting. 

Baca Juga: Rekomendasi Kuliner Khas Aceh yang Enak dan Sayang Jika Dilewatkan

5. Amplang

Amplang adalah kerupuk ikan khas Balikpapan yang terbuat dari ikan tenggiri. Amplang memiliki rasa gurih dan renyah yang pas dijadikan camilan atau oleh-oleh.

6. Sate Payau

Sate Payau adalah sate yang terbuat dari daging rusa. Dagingnya yang empuk dan bumbunya yang khas menjadikan hidangan ini unik dan lezat. Anda bisa menemukan Sate Payau di beberapa rumah makan tradisional di Balikpapan.

Baca Juga: 10 Kuliner Khas Bengkulu yang Menarik Perhatian, Apa Saja?

7. Kue Ilat Sapi

Kue Ilat Sapi adalah kue tradisional yang memiliki tekstur lembut dan kenyal. Kue ini terbuat dari campuran tepung beras, santan, dan gula merah. Anda bisa mencicipi kue ini di pasar-pasar tradisional atau toko kue di Balikpapan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru