Rekomendasi Wisata Kuliner di Banyuwangi yang Menggugah Selera, Apa Saja?

Rabu, 24 Juli 2024 | 13:20 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Rekomendasi Wisata Kuliner di Banyuwangi yang Menggugah Selera, Apa Saja?

ILUSTRASI. Simak rekomendasi wisata kuliner di Banyuwangi yang menggugah selera untuk dicicipi.


KULINER - Simak rekomendasi wisata kuliner di Banyuwangi yang menggugah selera untuk dicicipi. Selain kuliner, terdapat beberapa destinasi wisata di Banyuwangi yang menarik untuk dikunjungi.

Banyuwangi, sebuah kabupaten di ujung timur Pulau Jawa, dikenal sebagai surga kuliner yang menawarkan beragam hidangan khas dengan cita rasa unik. 

Melansir dari laman Diskominfo Provinsi Jawa Timur, Empat kuliner khas Banyuwangi, Jawa Timur, resmi mendapat surat pencatatan inventarisasi kekayaan intelektual komunal (KIK) dari Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Empat kuliner tersebut adalah sego cawuk, sego tempong, pecel pitik, dan ayam kesrut. Empat kuliner tersebut secara resmi tercatat sebagai Pengetahuan Tradisional (PT) asli Bumi Blambangan.

Baca Juga: Cek Harga Emas Hari Ini di Pegadaian Rabu (24/7/2024) Antam, UBS Masih Stagnan

Jika Anda berencana mengunjungi Banyuwangi, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi beberapa kuliner khas berikut ini:

1. Sego Tempong

Sego Tempong adalah kuliner khas Banyuwangi yang terdiri dari nasi yang disajikan dengan berbagai macam lauk seperti ayam goreng, tempe, tahu, dan lalapan, dilengkapi dengan sambal pedas yang dikenal dengan sambal tempong. Sambal ini dibuat dari campuran cabai rawit, bawang putih, dan terasi, memberikan rasa pedas yang menggigit yang akan membuat Anda merasa "tempong" atau tertampar oleh rasa pedasnya.

2. Rujak Soto

Rujak Soto adalah perpaduan unik antara rujak cingur dan soto khas Banyuwangi. Hidangan ini terdiri dari sayuran segar yang dicampur dengan bumbu rujak, ditambahkan dengan kuah soto yang gurih. Kombinasi rasa manis, asam, dan pedas dari bumbu rujak dengan kuah soto yang kaya rempah menjadikan Rujak Soto salah satu kuliner yang wajib dicoba saat berkunjung ke Banyuwangi.

Baca Juga: 15 Universitas Swasta Terbaik di Jakarta Tahun 2024 Versi 4ICU

3. Pecel Pitik

Pecel Pitik adalah salah satu hidangan kuliner tradisional Banyuwangi yang menggunakan ayam kampung yang dipanggang dan disajikan dengan bumbu kelapa parut yang gurih. Hidangan ini biasanya disajikan saat upacara adat atau acara khusus. Rasa gurih dari kelapa parut yang dicampur dengan rempah-rempah khas membuat Pecel Pitik menjadi hidangan yang menggugah selera.

4. Pindang Koyong

Pindang Koyong adalah kuliner Banyuwangi berupa sup ikan yang dimasak dengan bumbu khas seperti kunyit, lengkuas, dan daun kemangi. Hidangan ini memiliki cita rasa asam dan segar, cocok dinikmati di tengah cuaca panas Banyuwangi. Ikan yang digunakan biasanya adalah ikan laut segar yang memberikan rasa yang lezat dan menggugah selera.

Baca Juga: Top Skor Piala Presiden 2024: Stiker Baru Borneo FC Leo Gaucho

5. Tape Buntut

Tape Buntut adalah kuliner penutup khas Banyuwangi yang terbuat dari singkong yang difermentasi. Tape ini memiliki rasa manis dan sedikit asam dengan tekstur yang lembut. Tape Buntut biasanya disajikan dengan kelapa parut dan gula merah cair, menjadikannya camilan yang sempurna setelah menikmati hidangan utama.

6. Kue Bagiak

Kue Bagiak adalah kue kering khas Banyuwangi yang terbuat dari tepung sagu dan memiliki rasa manis yang khas. Kue ini memiliki tekstur yang renyah di luar namun lembut di dalam. Bagiak biasanya dijadikan oleh-oleh khas Banyuwangi yang banyak dicari oleh para wisatawan.

Baca Juga: 8 Wisata Kuliner di Sleman yang Menggugah Selera, Apa Saja?

7. Wedang Uwuh

Wedang Uwuh adalah minuman tradisional yang terbuat dari campuran berbagai rempah seperti jahe, kayu manis, cengkeh, dan serai. Minuman ini memiliki rasa hangat dan sedikit pedas yang dapat menghangatkan tubuh, sangat cocok dinikmati pada malam hari atau saat cuaca dingin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru