Rekomendasi Wisata Kuliner di Cirebon yang Khas dan Wajib Dicoba, Apa Saja?

Selasa, 02 Juli 2024 | 14:20 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Rekomendasi Wisata Kuliner di Cirebon yang Khas dan Wajib Dicoba, Apa Saja?

ILUSTRASI. Simak rekomendasi wisata kuliner di Cirebon yang khas dan wajib dicoba.


KULINER - Simak rekomendasi wisata kuliner di Cirebon yang khas dan wajib dicoba. Selain kuliner, di Cirebon juga banyak destinasi wisata yang tak kalah menarik.

Cirebon sendiri merupakan kota yang terletak di pesisir utara Jawa Barat ini tidak hanya kaya akan budaya dan sejarah, tetapi juga memiliki beragam kuliner lezat yang wajib dicoba. 

Melansir dari laman Disbudpar Kota Cirebon, Empal Gentong merupakan kuliner khas yang berasal dari masyarakat Cirebon, Jawa Barat. Menyerupai gulai (gule), kuliner Cirebon ini dipersiapkan dengan menggunakan kayu bakar di dalam gentong atau periuk tanah liat.

Baca Juga: Harga Emas di Pegadaian Hari Ini Selalsa 2 Juli 2024, Kompak Turun

Berikut beberapa wisata kuliner di Cirebon yang patut dicoba:

1. Empal Gentong H. Apud

Empal Gentong adalah wisata kuliner khas Cirebon yang mirip dengan gulai, menggunakan daging sapi yang dimasak dalam gentong (periuk besar dari tanah liat). Salah satu tempat terbaik untuk menikmati Empal Gentong adalah di Empal Gentong H. Apud. Daging empuk dengan kuah yang kaya rempah akan memanjakan lidah Anda.

2. Nasi Jamblang

Nasi Jamblang adalah nasi yang dibungkus dengan daun jati, disajikan dengan berbagai macam lauk seperti sambal goreng, tahu, tempe, dan aneka pepes. Mang Dul adalah salah satu tempat legendaris yang menyajikan Nasi Jamblang dengan cita rasa yang otentik. Wisata kuliner ini selalu ramai oleh pengunjung yang ingin mencicipi hidangan khas ini.

Baca Juga: Rekomendasi Wisata Kuliner di Aceh yang Enak dan Patut Dicoba, Apa Saja?

3. Tahu Gejrot

Tahu Gejrot adalah kuliner Cirebon berupa tahu goreng yang dipotong kecil-kecil dan disiram dengan kuah manis pedas dari gula merah, cabai, dan bawang putih. Di kawasan Plered, Anda bisa menemukan banyak penjual Tahu Gejrot yang menawarkan cita rasa yang khas dan segar. Sensasi pedas dan manisnya akan membuat Anda ketagihan.

4. Docang

Docang adalah kuliner tradisional Cirebon yang terdiri dari lontong, tauge, daun singkong, dan parutan kelapa yang disiram dengan kuah oncom. Hidangan ini sering dijadikan sebagai sarapan oleh warga lokal. Salah satu tempat terkenal yang menyajikan Docang enak adalah Docang Pak Kumis di daerah Pasar Pagi.

5. Mie Koclok

Mie Koclok adalah kuliner Cirebon berupa mie yang disajikan dengan kuah kental dari santan, diberi topping ayam suwir, telur rebus, dan daun bawang. Hidangan ini memiliki cita rasa yang gurih dan lezat.

Baca Juga: Profil dan Jejak Karir Prabowo Subianto, Baru Jalani Operasi Cedera Kaki

6. Bubur Sop Ayam

Bubur Sop Ayam adalah kuliner Cirebon yang menggabungkan bubur ayam dengan sop ayam bening. Perpaduan ini menciptakan cita rasa yang unik dan menyegarkan. Bubur Sop Ayam Mang Kapi adalah salah satu tempat yang populer di Cirebon untuk menikmati hidangan ini. Buburnya lembut, dengan sop ayam yang gurih dan kaya rempah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru