Rekomendasi Wisata Kuliner di Banjarmasin yang Wajib Untuk Dicoba, Apa Saja?

Senin, 22 Juli 2024 | 14:42 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Rekomendasi Wisata Kuliner di Banjarmasin yang Wajib Untuk Dicoba, Apa Saja?

ILUSTRASI. Simak rekomendasi wisata kuliner di Banjarmasin yang wajib untuk dicoba.


KULINER - Simak rekomendasi wisata kuliner di Banjarmasin yang wajib untuk dicoba. Selain kuliner, banyak juga destinasi wisata di Banjarmasin yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi.

Banjarmasin, ibu kota provinsi Kalimantan Selatan, tidak hanya terkenal dengan pasar terapungnya, tetapi juga dengan beragam kuliner khas yang menggoda selera. 

Melansir dari laman Kemenag Kalimantan Selatan, Soto Banjar menjadi masakan tradisional dari Kalimantan Selatan khususnya Banjarmasin yang menarik banyak wisatawan berdatangan dan dirindukan masyarakat.

Baca Juga: Rekomendasi Wisata Kuliner di Tegal yang Wajib Dicoba, Apa Saja?

Berikut adalah beberapa rekomendasi wisata kuliner di Banjarmasin yang wajib dicoba:

1. Soto Banjar

Soto Banjar adalah kuliner Banjarmasin yang paling terkenal. Sup ayam berkuah bening ini disajikan dengan ketupat atau lontong, bihun, telur rebus, dan taburan bawang goreng. Kuahnya yang gurih dan harum rempah-rempah seperti kayu manis dan cengkeh menjadikan Soto Banjar sebagai menu sarapan yang sempurna.

2. Ketupat Kandangan

Ketupat Kandangan adalah kuliner khas Kalimantan Selatan yang terbuat dari ketupat yang disajikan dengan ikan gabus berkuah santan. Kuahnya yang kental dan gurih membuat ketupat ini sangat nikmat.

Baca Juga: 5 Wisata Kuliner di Wonosobo yang Wajib Diketahui, Mau Coba?

3. Nasi Itik Gambut

Nasi Itik Gambut adalah kuliner Banjarmasin berupa nasi yang disajikan dengan daging itik yang dimasak dengan bumbu khas Banjar. Rasanya yang pedas dan gurih membuat hidangan ini sangat disukai oleh masyarakat lokal.

4. Lontong Orari

Lontong Orari adalah kuliner Banjarmasin berupa lontong yang disajikan dengan sayur labu, telur, dan sambal goreng. Hidangan ini sangat cocok dinikmati pada pagi hari sebagai sarapan.

Baca Juga: Update Harga Emas Hari Ini di Pegadaian, Antam, Galeri 24 dan UBS Senin (22/7/2024)

5. Iwak Pakasam

Iwak Pakasam adalah kuliner Banjarmasin berupa ikan yang diawetkan dengan cara difermentasi menggunakan nasi. Ikan ini kemudian digoreng dan disajikan dengan nasi panas. Rasanya yang unik dan sedikit asam membuat hidangan ini menjadi favorit di Banjarmasin.

6. Amparan Tatak

Amparan Tatak adalah kue tradisional khas Banjarmasin yang terbuat dari tepung beras dan pisang. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis. Cocok untuk dijadikan camilan atau oleh-oleh.

7. Bingka Kentang

Bingka Kentang adalah kuliner Banjarmasin berupa kue berbahan dasar kentang yang dipanggang dengan campuran santan dan gula. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut membuat kue ini populer di kalangan masyarakat Banjar.

Baca Juga: Simak Cara Mengubah PIN Kartu Debit, Kartu Kredit Mandiri Melalui Livin, Gampang!

8. Sate Tulang

Sate Tulang adalah hidangan unik yang terbuat dari tulang ayam yang masih memiliki sedikit daging. Tulang-tulang ini kemudian dibumbui dan dipanggang seperti sate. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah menjadikan sate ini sebagai salah satu camilan favorit di Banjarmasin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru