Roberto Mancini Puji Kualitas Pemain Timnas Indonesia yang Main di Eropa

Jumat, 06 September 2024 | 09:03 WIB   Penulis: Prihastomo Wahyu Widodo
Roberto Mancini Puji Kualitas Pemain Timnas Indonesia yang Main di Eropa

ILUSTRASI. Pemain Timnas Indonesia


KUALIFIKASI PIALA DUNIA 2026 - Laga Arab Saudi vs Indonesia dalam ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 berakhir imbang. Deretan pemain timnas Indonesia yang bermain di Eropa berhasil menunjukkan kualitasnya.

Kualitas ala Eropa itu juga diakui pelatih timnas Arab Saudi, Roberto Mancini. Pelatih kelas dunia itu menyadari bahwa timnya akan kesulitan menghadapi pemain-pemain yang berlaga di Eropa.

"Laga pertama memang sulit, kami harus menghadapi pemain-pemain bagus yang bermain di liga Eropa," kata Mancini, dikutip Arriyadiyah.

Tidak hanya itu, Mancini mengaku kecewa dengan para pemainnya yang kebanyakan hanya menjadi cadangan di klubnya masing-masing.

Menurutnya, klub Liga Arab Saudi saat ini telah menomorduakan pemain lokal.

Saya punya 20 pemain yang hanya menjadi cadangan di liga lokal. Pemain timnas harus menjadi pemain utama di klubnya. Sulit mencari solusi untuk dilema ini," lanjut Mancini.

Baca Juga: Gagal Menang dari Indonesia, Roberto Mancini Justru Salahkan Liga Arab Saudi

Pemain Timnas Indonesia di Eropa

Program pencarian pemain keturunan terbukti berhasil menaikkan level timnas Indonesia. Kombinasinya dengan pengalaman papan atas coach Shin Tae Yong juga jadi keberhasilan timnas Indonesia sejauh ini.

Sejumlah penggawa Skuad Garuda saat ini memang bermain di Eropa.

Mulai dari Jay Idzes yang bermain di Venezia (Seriea A Italia), Sandy Walsh di KV Mechelen (Jupiler Pro League Belgia), Rafael Struick di ADO Den Haag (Keuken Kampioen Divisie Belanda), serta Ragnar Oratmangoen di FCV Dender (Jupiler Pro League Belgia).

Ada juga Calvin Verdonk yang bermain di NEC Nijmegen (Eredivisie Belanda), Ivar Jenner FC di Utrecht U21 (Keuken Kampioen Divisie Belanda), Shayne Pattynama di KAS Eupen (Challenger Pro League Belgia), hingga Nathan Tjoe-A-On di Swansea City (Championship Inggris).

Baca Juga: Hasil Pertandingan Arab Saudi vs Indonesia, Garuda Tahan Green Falcon

Marselino Ferdinan juga baru saja bergabung dengan Oxford United (Championship Inggris) meski belum mendapatkan menit bermain. Justin Hubner juga telah kembali ke Wolves U21 (Premier League 2 Inggris).

Thom Haye saat ini masih belum mendapatkan klub setelah kontraknya dengan Heerenveen (Eredivisie Belanda).

Pahlawan Indonesia di laga kontra Arab Saudi, Maarten Paes, memang tidak bermain di Eropa tapi jadi salah satu pemain penting di FC Dallas (MLS Amerika Serikat). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

Terbaru