Rogoh 1 Miliar Euro, Manchaster United Jadi Klub Paling Merugi di Bursa Transfer

Senin, 07 Februari 2022 | 23:24 WIB   Reporter: Yudho Winarto
Rogoh 1 Miliar Euro, Manchaster United Jadi Klub Paling Merugi di Bursa Transfer

ILUSTRASI. Manchester United


SEPAK BOLA - Manchester United kembali ke puncak klasemen sebagai klub dengan kerugian transfer terbesar dalam dekade terakhir, merogoh kocek lebih dari satu miliar euro (US$ 1,14 miliar) pada pemain.

Melansir Reuters, Senin (7/2), sebuah studi yang diterbitkan oleh kelompok riset independen yang berbasis di Swiss CIES Football Observatory mengungkapkan bahwa Manchester United mencatatkan pengeluaran bersih sebesar 1,075 miliar euro sejak 2012, menghabiskan 1,545 miliar untuk membeli pemain dan menghasilkan 470 juta dari penjualan pemain.

Manchester United memecahkan rekor transfer pemain Liga Premier saat memboyong Paul Pogba pada tahun 2016 seharga 89,5 juta pound (US$ 120,89 juta). Gelandang asal Prancis itu gagal memenuhi harapan klub dan dapat pergi secara gratis di akhir musim ketika kontraknya berakhir.

Baca Juga: Inilah Daftar Pemain Terbaik FIFA 2021, Ada Lewandowski, Ronaldo, Tapi Messi Kalah

Penandatanganan mahal lainnya yang gagal yakni Anthony Martial senilai 36 juta pound pada 2015 dan Donny van de Beek senilai 40 juta pada 2020. Kedua pemain pergi dengan status pinjaman bulan lalu, masing-masing untuk Sevilla dan Everton.

Klub sekota Manchester City berada di urutan kedua dengan pengeluaran bersih 984 juta euro, lebih banyak dari Manchester United dengan 1,699 miliar tetapi menghasilkan 715 juta dari penjualan.

KlubParis St Germain berada di urutan ketiga dengan pengeluaran bersih 941 juta.

Barcelona berada di urutan keempat dalam daftar dengan pengeluaran bersih yang jauh lebih rendah dari 650 juta, meskipun Catalans berada dalam kekacauan keuangan pada tahun lalu karena tagihan upah yang meningkat, yang memaksa mereka melepas pencetak gol terbanyak sepanjang masa Lionel Messi.

Sementara PSG, City dan Barcelona setidaknya memiliki banyak trofi untuk ditunjukkan dalam dekade terakhir, Manchester United sebagian besar berkinerja buruk di lapangan, terutama sejak kepergian manajer Alex Ferguson pada 2013.

Baca Juga: Manchester City Pemuncak Klasemen Liga Inggris Sementara, Chelsea & Liverpool Imbang

Mereka hanya mengangkat satu gelar liga sejak 2012, sementara City telah memenangkan lima, PSG tujuh dan Barcelona lima. Trofi terakhir United datang pada 2017, kemenangan Liga Europa di bawah Jose Mourinho.

Mereka saat ini berada di urutan keempat di Liga Premier, 19 poin di belakang pemimpin City dan pada hari Jumat tersingkir dari Piala FA oleh tim Championship (tingkat kedua) Middlesbrough.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru