Saksikan fenomena menarik sore ini, Venus dan Merkurius tampak jelas di langit

Kamis, 04 Juni 2020 | 10:15 WIB Sumber: Kompas.com
Saksikan fenomena menarik sore ini, Venus dan Merkurius tampak jelas di langit

ILUSTRASI. MADIUN, 6/6 ? TRANSIT VENUS. Planet Venus terlihat seperti titik hitam di permukaan matahari saat terjadi fenomena transit venus terlihat di Madiun, Jatim, Rabu (6/6). Transit Venus yang tergolong langka terjadi saat Planet Venus melintas di antara mataha


ALAM SEMESTA - JAKARTA. Sore ini, Anda bisa menyaksikan dua buah fenomena langit, yakni Konjungsi Inferior Venus dan Merkurius di Elongasi Timur Maksimum. 

Beruntung, fenomena ini dapat terlihat di seluruh wilayah Indonesia. Kepala Bidang Diseminasi Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Emanuel Sungging mengatakan, kedua fenomena ini sebetulnya merupakan pemandangan yang menarik untuk diamati. 

Baca Juga: Ada gelombang mirip tsunami setinggi 3 meter di kawah Ijen, satu penambang tewas

"Dan ini biasa terjadi, mungkin selama ini karena kesibukan di kota besar tidak menjadi perhatian," kata Emanuel kepada Kompas.com, Selasa (2/6/2020). 

Berikut penjelasan lebih rinci terkait dua fenomena yang bisa Anda saksikan hari ini. 

1. Konjungsi inferior Venus 

Konjungsi atau kesejajaran inferior Venus adalah kondisi di mana Matahari, Venus, dan Bumi berada dalam satu garis lurus. Venus terletak di antara Matahari dan Bumi serta berada pada 1 garis lurus dengan Matahari dan Bumi. Konjungsi inferior Venus menandai beralihnya kenampakan Venus ketika senja di arah Barat dan kenampakan di arah Timur ketika fajar.

Baca Juga: BMKG: Hari ini dan besok matahari di atas Kabah, waktu tepat mengecek arah kiblat

Puncak fenomena ini terjadi pada pukul 00.42 WIB. Jarak Venus dengan Bumi sekitar 43 juta kilometer. Anda pun dapat melihat fenomena konjungsi inferior Venus ini dengan mata telanjang atau tanpa bantuan peralatan canggih lainnya, pada pagi dan petang hari. Dengan catatan, jika kondisi langit memungkinkan atau tanpa gangguan cuaca. 
"Venus terbit sekitar pukul 5 pagi, terbenam sekitar pukul 5 sore, jadi kesempatan melihat Venus itu pukul 5 pagi di sekitar Matahari terbit," jelas dia. 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru