Sport

Salah satu penghuni 10 besar klasemen Liga Premier Inggris terancam bangkrut

Minggu, 05 April 2020 | 16:20 WIB Sumber: Kompas.com
Salah satu penghuni 10 besar klasemen Liga Premier Inggris terancam bangkrut

ILUSTRASI. Stadion di Liga Premier Inggris.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu klub penghuni 10 besar klasemen Premier League, Burnley, terancam bangkrut. Situasi ini terjadi menyusul ditangguhkannya kompetisi teratas Liga Inggris tersebut akibat pandemi virus corona. 

Ketidakpastian soal jalannya kompetisi membuat Burnley diramalkan bangkrut pada bulan Agustus mendatang. Hal tersebut disampaikan oleh presiden klub, Mike Garlick, dalam wawancara bersama Sky Sports. 

"Faktanya adalah jika kami tidak menyelesaikan musim dan tidak ada awal yang jelas untuk musim depan, kami sebagai klub akan kehabisan uang pada bulan Agustus. Itu fakta," ucap Garlick. 
"Saya tidak bisa berbicara soal klub lain dan saya tidak tahu posisi keuangan mereka. Saya hanya membicarakan klub dan posisi keuangan kami," tutur Garlick melanjutkan. 

Baca Juga: Liga Inggris rugi hingga Rp 13 triliun akibat wabah virus corona

Berdasarkan situasi yang sedang melanda Burnley, Garlick berharap agar kompetisi di Inggris dapat kembali bergulir. Dia yakin, menyelesaikan musim kompetisi 2019-2020 adalah jalan terbaik untuk menyelamatkan klub dari dampak ekonomi yang mulai dirasakan. 

"Itulah sebabnya kami sangat ingin menyelesaikan musim ini," ujar Garlick. 

"Kami memilih dengan suara bulat untuk menyelesaikan musim, dan jelas semua orang memiliki keinginan serupa. Sangat jelas bahwa menyelesaikan musim yang sudah berjalan sejauh ini adalah yang terbaik," kata dia

Sebelum kompetisi terhenti, klub berjuluk The Clarets itu menduduki peringkat ke-10 klasemen Liga Inggris. Skuad asuhan Sean Dyche berjarak 12 poin dari zona degradasi dan hanya tertinggal enam poin dari penghuni peringkat kelima, Manchester United. 

Baca Juga: Potong gaji karyawan 20% karena virus corona, Tottenham Hotspur dihujat

Namun, laju pasukan Burnley harus terhambat setelah virus corona mulai menyerang jalannya kompetisi. Bahkan, klub yang bermarkas di Stadion Turf Moor itu sedang dibayangi kebangkrutan. Burnley diperkirakan akan merugi sebesar £ 5 juta sekitar Rp 100 miliar karena kehilangan pendapatan dari pertandingan kandang yang tersisa pada musim ini. (Benediktus Agya Pradipta)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Salah Satu Penghuni 10 Besar Klasemen Liga Inggris Terancam Bangkrut".


Editor: Anna Suci Perwitasari


Terbaru