Seliweran konten palsu corona, WhatsApp batasi pengguna meneruskan pesan

Selasa, 07 April 2020 | 15:45 WIB   Reporter: SS. Kurniawan
Seliweran konten palsu corona, WhatsApp batasi pengguna meneruskan pesan

ILUSTRASI. Pria berpose dengan smartphone di depan logo WhatsApp yang ditampilkan dalam ilustrasi ini pada 14 September 2017.


APLIKASI - SAN FRANCISCO. WhatsApp mulai Selasa (7/4) memperketat penerusan pesan, dengan membatasi pengguna untuk berbagi konten yang mereka teruskan, setelah lonjakan pesan palsu sejak awal krisis virus corona baru.

Pandemi yang telah menewaskan lebih dari 70.000 orang di seluruh dunia ini juga marak oleh apa yang Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebut sebagai "infodemik". Maksudnya, informasi yang salah mengenai wabah virus corona.

Informasi yang salah tersebut mendorong pemerintah negara-negara dan otoritas lain mendesak perusahaan media sosial termasuk WhatsApp untuk berbuat lebih banyak untuk memerangi masalah itu di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga: Ada wabah corona, belanja di Alfamart kini bisa lewat WhatsApp

WhatsApp, yang memiliki lebih dari 2 miliar pengguna di seluruh dunia, mengatakan dalam blog-nya, mereka membuat perubahan setelah mengamati "peningkatan yang signifikan" dalam jumlah "infodemik" sejak awal krisis coronavirus.

"Kami percaya, penting untuk memperlambat penyebaran pesan-pesan (yang salah) ini, agar WhatsApp tetap menjadi tempat untuk percakapan pribadi," kata WhatsApp dalam pernyataan resminya, Selasa (7/4), seperti dikutip Reuters.

Seorang juru bicara WhatsApp mengatakan, pembatasan penerusan pesan tersebut akan berlaku tanpa batas waktu.

Baca Juga: Klaim token listrik gratis lewat WhatsApp baru bisa 6 April, begini caranya

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru