Simak 8 rumus Excel yang paling sering digunakan di dunia kerja ini

Kamis, 26 Agustus 2021 | 07:55 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Simak 8 rumus Excel yang paling sering digunakan di dunia kerja ini

ILUSTRASI. Simak 8 rumus Excel yang paling sering digunakan di dunia kerja ini.


EDUKASI -  Microsoft Office terutama Excel sudah menjadi aplikasi yang tidak terpisahkan di dunia kerja. Banyak rumus Microsoft Excel yang sering digunakan untuk memudahkan saat menyelesaikan pekerjaan. 

Tidak heran jika kemampuan ini menjadi salah satu kemampuan yang penting dimiliki oleh pekerja saat ini. Meskipun ada berbagai banyak rumus, tetapi setidaknya ada delapan rumus Excel yang sering digunakan saat bekerja. 

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) merangkum apa saja rumus Excel yang berguna di dunia kerja. Informasi tersebut dibagikan melalui unggahan Instagram resmi Kemnaker. 

Bagi mahasiswa atau pekerja, sebaiknya mempelajari rumus-rumus tersebut agar saat bekerja kelak bisa lebih mudah. Mari simak daftar rumus Microsoft Excel yang paling sering dipakai di dunia kerja dari Kemnaker. 

Baca Juga: Buat pelajar, ini dia syarat-syarat peserta Asesmen Nasional 2021

  • Rumus Excel penjumlahan, SUM

Rumus Excel ini digunakan untuk menjumlah data atau total data.

=SUM(cell pertama:cell terakhir)

  • Rumus excel rata-rata, AVERAGE

Anda ingin menghitung rata-rata nilai dari data yang jumlahnya ratusan? Anda bisa memakai AVERAGE yang rumusnya seperti berikut ini:

=AVERAGE(cell pertama:cell terakhir)

  • Rumus Excel MAX

Dengan menggunakan Microsoft Excel, pekerja tidak lagi kesulitan dalam menentukan nilai data terbesar. Rumus yang digunakan untuk mencari nilai terbesar suatu data di Excel adalah MAX. 

=MAX(cell pertama:cell terakhir)

  • Rumus Excel MIN

Bagaimana jika ingin mencari nilai terkecil atau terendah di data Excel? Anda perlu menggunakan rumus MIN seperti berikut ini.

=MIN(cell pertama:cell terakhir)

  • Rumus Excel COUNT

Rumus Excel yang paling sering digunakan di dunia kerja selanjutnya adalah COUNT. Rumus ini digunakan untuk menghitung banyaknya sel pada range, yang rumusnya seperti berikut ini.

=COUNT(cell pertama:cell terakhir)

Baca Juga: Bilangan berpangkat dan bentuk akar: Pengertian, contoh, serta operasi hitungnya

  • Rumus Excel IF

Rumus yang banyak dipakai saat bekerja selanjutnya adalah IF. Rumus ini merupakan rumus evaluasi uji logika. 

Dungsi dari IF adalah menampilkan suatu nilai jika sebuah kondisi atau pernyataan bernilai "Benar", dan menampilkan nilai lain jika kondisi atau pernyataan bernilai "salah".

=IF(nilai yang ingin dicari, [jika nilai sesuai makan Benar], [jika nilai tidak sesuai makan Salah])

  • Rumus Excel VLOOKUP

Anda pasti sudah sering mendengar tentang rumus ini. VLOOKUP merupakan rumus yang digunakan untuk menampilkan data dari suatu tabel yang disusun dalam format vertikal. 

=VLOOKUP(nilai yang ingin dicari, rentang cell yang ingin ditemukan nilainya atau tabel referensi, nomor kolom dari tabel referensi, Benar/Salah).

  • Rumus Excel HLOOKUP

Rumus Excel yang paling sering digunakan berikutnya adalah HLOOKUP. Rumus ini menampilkan data dari suatu tabel yang disusun dalam format horizontal. 

=HLOOKUP(nilai yang ingin dicari, rentang cell yang ingin ditemukan nilainya atau tabel referensi, nomor kolom dari tabel referensi, Benar/Salah).

VLOOKUP dan HLOOKUP pada Excel berfungsi untuk membaca tabel referensi yang dimana dua atau lebih tabel tersebut memiliki data yang terhubung satu dengan lainnya. 

Selanjutnya: Simak bentuk soal AKM Asesmen Nasional 2021 serta link latihan soalnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru