Simak daftar rekrutan terbaik di era Bartomeu, Mantan Presiden FC Barcelona

Jumat, 30 Oktober 2020 | 11:21 WIB Sumber: Sport Skeeda
Simak daftar rekrutan terbaik di era Bartomeu, Mantan Presiden FC Barcelona

ILUSTRASI. Simak daftar rekrutan terbaik di era Bartomeu, Mantan Presiden FC Barcelona


SEPAK BOLA - BARCELONA. Joseph Maria Bartomeu mengumumkan pengunduran dirinya sebagai Presiden FC Barcelona pada Rabu lalu. Bartomeu terpilih untuk menjabat Presiden pada tahun 2014 setelah pengunduran diri Sandro Russel. Saat di periode awal, Bartomeu tampak membawa semangat baru ke Barcelona untuk mereka mendominasi liga dan sepak bola Spanyol.

Namun, kebijakan Bartomeu untuk membeli superstar global, membuat beberapa anak muda La Masia memilih untuk pergi meninggalkan Barcelona. Selain itu, di akhir musim lalu, Bartomeu sempat bergesekan dengan Lionel Messi terkait masa depan bintang Barcelona tersebut.

Di tengah kontroversi itu, Bartomeu memang berhasil mendatangkan pemain berkualitas yang telah membantu Barcelona selama enam tahun masa jabatannya sebagai presiden klub.

Berikut daftar 5 rekrutan terbaik Josep Bartomeu selama masa jabatannya sebagai Presiden Barcelona. Dihimpun dari situs Sportskeeda.com, yuk simak siapa saja nama-nama tersebut:

Baca Juga: Diisukan diganti, ini kandidat kuat calon pengganti Zinedine Zidane di Real Madrid

5. Paulinho

Paulinho, rekrutan terbaik era Bartomeu di Barcelona

Salah satu rekrutan paling tak terduga sekaligus diremehkan dalam sejarah Barcelona. Paulinho tiba di Barcelona pada 2017. Pertimbangan rekrutan ini diklaim Bartomeu setelah Paulinho tampil mengesankan di Liga Super China bersama Guangzhou Evergrande.

Paulinho, yang pindah ke China setelah masa bencana bersama Tottenham Hotspur, adalah salah satu transfer paling mengejutkan musim itu. Pemain Brasil itu awalnya diejek oleh fans tuan rumah dan rival setelah transfer resmi diumumkan.

Sang gelandang, bagaimanapun, membuktikan bahwa kritiknya salah. Paulinho memiliki pengaruh instan di sisi Barcelona dan fisiknya memberikan dimensi berbeda pada serangan Barcelona. Dia juga datang dengan gol tepat waktu saat Barcelona membawa dua gelar semusim di bawah Ernesto Valverde.

Paulinho secara mengejutkan dijual kembali ke Guangzhou setahun kemudian dengan keuntungan € 2 juta. Di musim satu-satunya, pemain Brasil itu membuat 49 penampilan dan mencetak sembilan gol untuk klub. Uniknya saat menjadi strater Paulinho tidak pernah membawa Barcelona ke hasil akhir kekalahan.

4. Clement Lenglet

Clement Lenglet, rekrutan terbaik era Bartomeu di Barcelona

Clement Lenglet bisa dibilang salah satu pemain bertahan terbaik rekrutan Bartomeu dan Barcelona dalam dekade terakhir. Pemain asal Prancis itu menarik perhatian Blaugrana setelah mantra yang mengesankan bersama Sevilla.

Lenglet bergabung dengan Barcelona pada 2018 setelah raksasa Spanyol itu menekan kontrak pelepasan € 35 juta. Penderitaan cedera Samuel Umtiti membuat Lenglet dengan cepat memantapkan dirinya sebagai bek tengah pilihan pertama bersama Gerard Pique.

Lenglet telah menjadi salah satu langganan starter di formasi tim sejak kepindahannya. Dalam dua tahun berada di klub, pemain Prancis itu telah membuat 90 penampilan dan mencetak enam gol. Selama periode singkat ini, ia juga memenangkan Piala Super Spanyol dan La Liga.

Baca Juga: Andai Juventus berjaya di Liga Champions, Ronaldo bisa pecahkan daftar rekor ini

3. Ivan Rakitic

Ivan Rakitic, rekrutan terbaik era Bartomeu di Barcelona

Pemain internasional Kroasia itu menerima kemarahan para penggemar Barcelona menjelang akhir karirnya di Barcelona. Tapi itu tidak mempengaruhi status gelandang sebagai salah satu rekrutan terbaik yang dibuat oleh Bartomeu selama masa jabatannya.

Ivan Rakitic tiba di Barcelona setelah menyelesaikan kepindahan senilai £ 15 juta dari Sevilla pada 2014, tahun yang sama ketika Bartomeu mengambil alih klub. Setelah awalnya berjuang untuk masuk ke tim utama, pemain Kroasia itu membuktikan dirinya sebagai pemain reguler di Barcelona.

Sang gelandang menjalani musim debut yang mengesankan saat Barcelona memenangkan treble tahun itu. Dia adalah salah satu pemain kunci Blaugrana yang mendominasi pertahanan lawan. Rakitic menghabiskan enam musim di Camp Nou dan meninggalkan klub tahun ini. Selama waktunya di klub, pemain Kroasia itu memenangkan 13 gelar dan membuat 310 penampilan untuk Blaugrana.

2.  Marc-Andre Ter Stegen

Marc-Andre Ter Stegen, rekrutan terbaik era Bartomeu di Barcelona

Jika ada satu pemain di tim Barcelona saat ini yang bisa menembus tim impian Pep Guardiola, itu adalah Marc-Andre Ter Stegen. Pemain Jerman itu adalah pemain lain yang tiba di Barcelona pada tahun yang sama dengan dilantiknya Bartomeu. Ter Stegen diteken kontrak sebesar € 12 juta dari Borussia Monchengladbach.

Setelah awalnya bermain sebagai pelapis Claudio Bravo, Ter Stegen menjadi kiper pilihan pertama klub tersebut setelah pemain Chile itu pindah ke Manchester City. 

Selain Lionel Messi, Ter Stegen bisa dibilang pemain paling konsisten di Barcelona. Kadang-kadang, penampilan impresif dari pemain Jerman itu membantu Barcelona memenangkan beberapa pertandingan penting.

Dalam enam musim, Ter Stegan sejauh ini telah membuat 236 penampilan dan telah memenangkan 12 gelar bersama Blaugrana.

Baca Juga: Sudah tersedia, eFootball PES 2021 bisa diunduh di Android dan iOS

1. Luiz Suarez

Luis Suarez, rekrutan terbaik era Bartomeu di Barcelona

Pemain ketiga dalam daftar ini yang tiba di tahun yang sama dengan Bartomeu adalah Luis Suarez. 

Di Barcelona, ​​pemain Uruguay itu membentuk salah satu dari trio terhebat dalam sejarah sepak bola, bergabung dengan Lionel Messi dan Neymar. Sukses untuk tim sudah dekat saat Blaugrana mengamankan treble kedua mereka di musim debut striker.

Suarez bisa dibilang penyerang tengah terhebat yang pernah bermain untuk Barcelona. Pemain Uruguay itu mencetak 198 gol yang mengesankan hanya dalam 283 pertandingan saat raksasa Catalan mendominasi sepak bola Spanyol. Namun, Suarez terpaksa keluar dari klub tersebut pada musim ini dan bergabung dengan Atletico Madrid.

Striker itu memenangkan tiga belas trofi selama enam musimnya di Camp Nou. Dia juga memenangkan Pichichi di saat Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi dalam kondisi prima. Suarez meninggalkan Barcelona sebagai pencetak gol terbanyak ketiga, meski hanya bermain di sana selama enam musim.

Selanjutnya: Ini deretan rekor yang berpeluang dipecahkan Lionel Messi di Liga Champions musim ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru