Edukasi

Soal dan jawaban TVRI SMA, Rabu 16 September 2020: Kerajaan Hindu dan Buddha

Rabu, 16 September 2020 | 04:49 WIB   Reporter: Tiyas Widya Septiana
Soal dan jawaban TVRI SMA, Rabu 16 September 2020: Kerajaan Hindu dan Buddha

ILUSTRASI. Soal dan jawaban TVRI SMA, Rabu 16 September 2020: Kerajaan Hindu dan Buddha. Tribunnews/Jeprima

KONTAN.CO.ID -  Pandemi Covid-19 memaksa pembelajar langsung ditiadakan diganti dengan pembelajaran jarak jauh. Pemerintah membuat program belajar dari rumah agar siswa tetap bisa mendapat pembelajaran. 

Program belajar dari rumah disiapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Materi yang diberikan ditujukan untuk jenjang pendidikan PAUD hingga SMA. 

Materi ditayangkan melalui siaran TVRi setiap harinya. Tayangan pembelajaran berbeda tiap harinya, sesuai dengan jadwal yang sudah dirilis. Melalui Instagram resmi Kemdikbud dan TVRI, jadwal dirilis beserta materi yang akan ditayangkan. 

Materi untuk SMA, Rabu 16 September 2020 adalah kerajaan Hindu dan Buddha. Ada dua video pembelajaran mengenai materi ini. 

Di akhir video ada soal pengayaan mengenai kerajaan Hindu dan Buddha. Siswa bisa menjawab soal tersebut sesuai dengan materi yang ditayangkan. 

Video belajar dari rumah TVRI untuk SMA ditayangkan pukul 10.05-10.30 WIB. Di bawah ini adalah soal dan jawaban program belajar dari rumah untuk jenjang TVRI.

 

Pertanyaan setelah menonton video 1

Buatlah mind mapping sistem pemerintahan Kerajaan Majapahit! Sampaikan tugas tersebut kepada guru sejarah mu.

 

Pertanyaan setelah menonton video 2

1) Mengapa Kerajaan Sriwijaya runtuh?

Jawabannya: 

Kerajaan Sriwijaya mengalami kemunduran mulai pada abad ke 12. Banyaknya serangan oleh kerajaan lain membuat Sriwijaya melemah. 

Daerah-daerah yang pernah ditaklukkan Kerajaan Sriwijaya mulai melepaskan diri. Kerajaan sekutu juga mulai menyerang Kerajaan Sriwijaya karena masalah politik dan perdagangan. 

Adanya serangan dari Kerajaan Singasari dan Kerajaan Majapahit membuat Sriwijaya makin melemah. Serangan Majapahit menutup kekuasaan Kerajaan Sriwijaya.

Baca Juga: 5 Jurusan kuliah ini bisa menambah kecintaan Anda pada Indonesia

2) Mengapa Kerajaan Sriwijaya dikatakan menguasai jalur perdagangan di Asia Tenggara, dan apa dampaknya bagi perekonomian Indonesia pada masa itu?

Jawabannya:

Letak perkampungan Kerajaan Sriwijaya terletak di jalur sungai yang menjadi lalu lintas perdagangan. Sungai-sungai tersebut adalah Sungai Ogan, Komering, Kramasan, dan Musi.

Karena hal inilah perkampungan Sriwijaya kemudian berkembang menjadi Kerajaan yang besar. Masyarakat Sriwijaya menggantungkan hidupnya pada perdagangan dan pelayaran. 

Agar tetap berkuasa atas perdagangan, Kerajaan Sriwijaya sering menaklukkan bandar pelabuhan saingan. Kerajaan Sriwijaya memiliki kekuatan militer yang kuat dan sering melakukan ekspedisi militer. 

Selanjutnya: Agar tetap produktif selama gap year, yuk lakukan kegiatan ini

 

Editor: Tiyas Septiana


Terbaru