Spotify jelaskan alasan ratusan lagu atau album K-Pop yang mendadak menghilang

Senin, 01 Maret 2021 | 10:54 WIB   Penulis: Mega Putri
Spotify jelaskan alasan ratusan lagu atau album K-Pop yang mendadak menghilang

Penjelasan Spotify tentang ratusan lagu atau album K-Pop yang mendadak menghilang dari layanan streaming musik ini.

KONTAN.CO.ID - Ratusan lagu maupun album K-Pop menghilang dari Spotify. Padahal, Spotify baru saja berhasil merilis aplikasi ini bagi pengguna di Korea Selatan. 

Melansir Soompi, Spotify rilis secara resmi untuk para pengguna di Korea Selatan mulai 1 Februari tahun 2021. Spotify mulai bersaing dengan perusahaan distributor musik di negara tersebut. 

Kini, fans K-Pop di berbagai negara justru dikejutkan dengan hilangnya ratusan lagu atau album penyanyi Korea di Spotify. Ada penyanyi yang kehilangan beberapa lagu saja dan ada yang hilang sepenuhnya dari Spotify. 

Baca Juga: Kontrak berakhir usai film Spider-Man: No Way Home, begini kata Tom Holland

Spotify pun ramai dibicarakan fans hingga trending di Twitter. Spotify pada Senin (1/3) akhirnya merilis pernyataan tentang hilangnya lagu-lagu K-Pop tersebut. 

Pernyataan Spotify

"Terkait berakhirnya perjanjian lisensi kami dengan Kakao M pada 1 Maret 2021, kami tidak bisa lagi memberikan daftar (lagunya) pada fans dan pendengar di seluruh dunia," tulis Spotify, seperti dikutip di Soompi

Spotify menjelaskan, "Kami sudah berusaha dari segala arah selama satu setengah tahun untuk memperbarui lisensi kerjasama global sehingga musik dari Kakao M bisa tetap tersedia untuk fans di seluruh dunia."

"Begitu juga 345 juta pengguna di 170 negara. Meski begitu, kami tidak bisa mencapai kesepakatan untuk memperbarui lisensi global," terangnya. Spotify membantah hilangnya lagu K-Pop berhubungan dengan perilisan aplikasi ini di Korea. 

Baca Juga: Bintangi WandaVision, berikut komentar Teyonah Parris tentang akhir serial TV ini

Editor: Mega Putri
Terbaru