Gadget

Tambahkan sistem face unlock, WhatsApp beta sempurnakan fitur keamanan

Jumat, 23 Oktober 2020 | 13:05 WIB   Penulis: Arif Budianto
Tambahkan sistem face unlock, WhatsApp beta sempurnakan fitur keamanan

ILUSTRASI. Whatsapp beta sempurnakan fitur keamanan dengan menambahkan sistem face unlock.


KONTAN.CO.ID - Tanpa aplikasi tambahan atau bawaan HP, WhatsApp sebentar lagi bisa menggunakan fitur face unlock. Lebih aman dan praktis, membuka WhatsApp tinggal mengarahkan HP ke wajah.

Sebagai aplikasi yang ditujukan untuk komunikasi, keamanan menjadi salah satu prioritas WhatsApp. Dengan begitu, semua data atau percakapan pengguna dengan orang lain terjamin keamanannya.

Untuk itu, WhatsApp menyematkan fitur keamanan yang dapat mengunci aplikasi tersebut.

Sebelumnya telah disematkan fitur untuk mengunci WhatsApp dengan fingerprint. Jadi, ketika membuka WhatsApp, pengguna harus menggunakan fingerprint terlebih dahulu.

Sayangnya, fitur ini hanya bisa digunakan untuk smartphone yang hanya memiliki sensor sidik jari. Sementara smartphone yang tidak memiliki sensor tersebut tidak bisa mengaktifkan sistem keamanan WhatsApp yang satu ini.

Baca Juga: Masih beta, kelak WhastApp web bisa melakukan panggilan telepon dan video call

Berangkat dari keterbatasan itu, pengembang WhatsApp ingin menambahkan fitur keamanan baru di aplikasi besutannya.

Mengutip dari situs WABetainfo, WhatsApp akan menyempurnakan fitur keamanan aplikasi tersebut dengan menambahkan face unlock. Berbeda dengan fingerprint unlockface unlock mendeteksi wajah pengguna WhastApp untuk membuka kunci aplikasi tersebut.

Jadi, ketika WhatsApp sedang tidak dibuka, selama beberapa saat akan terkunci. Ketika pengguna ingin membuka WhatsApp, aplikasi tersebut tidak bisa langsung dibuka, tetapi harus melewati sistem keamanan face unlock.

Tampilan Biometric lock Whatsapp

Baca Juga: Whatsapp tambahkan fitur yang mempermudah belanja online hanya lewat chat

Perombakan ini juga mengubah tampilan pengaturan tersebut. Sebelumnya, pengaturan tersebut bernama "Fingerprint Lock", kemudian akan disempurnakan menjadi "Biometric Lock".

Artinya, sistem keamanan WhatsApp kini mendukung sensor biometrik secara lebih luas, termasuk fingerprint dan face recognition.

Sebagai catatan, fitur face unlock kelak bisa digunakan pada HP yang sensornya juga mendukung. Jika secara spesifikasi tidak mendukung, maka fitur tersebut tidak bisa digunakan.

Fitur keamanan tersebut masih dalam pengujian dan bisa dicoba lewat WhatsApp beta. Kelak, fitur ini akan membuat WhatsApp lebih praktis dan aman.

Selanjutnya: Whatsapp tambahkan fitur yang mempermudah belanja online hanya lewat chat

 

 

Editor: Arif Budianto


Terbaru