Film

Tayang bulan depan, film Joker sudah mencatat rating top

Kamis, 05 September 2019 | 13:00 WIB   Reporter: Yasmine Maghfira
Tayang bulan depan, film Joker sudah mencatat rating top

ILUSTRASI. Film Joker

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Film Joker yang dijadwalkan rilis pada 8 Oktober mendatang di bioskop sudah mencatatkan rating tinggi di beberapa situs informasi perfilman dunia. Joker mendapat rating 9,6 dari 10 di situs IMDb. Rating di Rotten Tomatoes mencapai 83% dan di situs Metacritic mencapai 75%. Joker menjadi film fitur berdasarkan karakter komik yang mendapatkan rating tertinggi sebulan sebelum penayangannya.

Mengutip Independent, sebagai perbandingan, film yang juga adaptasi dari komik superhero seperti Avengers: Endgame mendapat rating 8,6 di situs IMDb. Padahal Endgame merupakan film terlaris tertinggi sepanjang masa. Sementara, film karya Christopher Nolan The Dark Knight memperoleh rating 9.

Tingginya rating Joker diduga karena film itu telah tayang perdana di Festival Film Venice di Italia pada 31 Agustus lalu. Sebagai informasi, Festival Film Venice 2019 diselenggarakan mulai 28 Agustus hingga 7 September. 

Baca Juga: Wah, petir film Gundala menyambar ke mana-mana termasuk BMKG

Pada perhelatan festival film di Italia tersebut, penonton memberikan standing ovation selama delapan menit setelah pemutaran perdana film Joker. Bahkan, film yang mengenalkan Pangeran Badut Kejahatan itu pendapat pujian dari para kritikus film. Salah satunya, Owen Gleiberman, kritikus dari Variety yang menilai Joker berhasil menceritakan asal usul Joker yang belum pernah diceritakan sebelumnya. Padahal, karakter Joker sendiri sudah ada sedari dulu dan merupakan lawan dari karakter Batman. 

"Banyak yang bertanya apakah kita perlu film Joker lain. Menurut saya, kita membutuhkan film karakter komik yang mengungkapkan dunia nyata sehingga lebih dramatis. Film ini akan berprestasi karena menceritakan asal usul Joker seolah-olah itu belum pernah terjadi sebelumnya," ujar Owen dilansir dari Variety

Editor: Wahyu Rahmawati


Terbaru