HOME

Terpilih jadi Presiden FC Barcelona, Joan Laporta tancap gas urus masa depan Messi

Senin, 08 Maret 2021 | 08:12 WIB Sumber: ESPN
Terpilih jadi Presiden FC Barcelona, Joan Laporta tancap gas urus masa depan Messi

ILUSTRASI. Terpilih jadi Presiden FC Barcelona, Joan Laporta tancap gas urus masa depan Messi

KONTAN.CO.ID - BARCELONA. Joan Laporta terpilih sebagai presiden baru Barcelona untuk periode 2021-2026. Laporta kembali ke jabatan yang sebelumnya pernah dipegang pada periode tahun 2003 hingga 2010.

Anggota Barcelona sepakat memilih Laporta bersaing dengan kandidat saingannya Victor Font dan Toni Freixa. Klub Blaugrana mengadakan pemilihan pada Minggu malam setelah tertunda dari bulan Januari.

Mengutip dari ESPN, Joan Laporta menang dengan 30.184 suara sedangkan Font di posisi kedua dan Freixa ketiga dengan 16.679 dan 4.769 suara. Dewan klub Barcelona mengklaim sebanyak 51.765 dari 109.531 anggota memenuhi syarat untuk memberikan suara dalam pemilihan Presiden FC Barcelona periode 2021-2026

Pada tahun 2010, periode pertama Joan Laporta sempat digantikan oleh Sandro Rosell, setelah menjalani kesuksesan sebagai presiden klub sejak 2003.

Baca Juga: Mantan presiden Barcelona ditangkap kepolisian Catalan

Joan Laporta terpilih menjadi presiden FC Barcelona

Joan Laporta di tengah krisis keuangan Barcelona

Joan Laporta mengambil alih kursi presiden saat momen kritis terjadi dalam sejarah klub Barcelona. Hutang kotor telah meningkat menjadi € 1,2 miliar atau sekitar Rp 20,4 triliun selama pandemi virus corona. Bahkan, Barcelona menempih cara untuk melakukan pemotongan gaji kepada pemain Blaugrana.

Sementara pemain bintang Lionel Messi akan keluar dari kontrak pada bulan Juni dan akan pergi secara gratis jika persyaratan baru tidak dapat disepakati.

Namun, meski bulan lalu kalah 4-1 dari Paris Saint-Germain di leg pertama babak 16 besar Liga Champions, ada tanda-tanda pemulihan di bawah pelatih Ronald Koeman.

Barcelona mengalahkan Sevilla pekan lalu untuk mencapai final Copa del Rey, dan mencetak rekor 16 pertandingan tak terkalahkan di La Liga.

Rentetan aksi Koeman telah membuat Blaugrana memperkecil jarak dari pemuncak klasemen Atletico Madrid menjadi tiga poin setelah tim Ibu kota bermain imbang 1-1 dengan El Real.

Baca Juga: Pasca rincian kontrak bocor, Lionel Messi dan Barcelona akan tempuh jalur hukum

Joan Laporta (tengah) terpilih menjadi Presiden Barcelona

Klub Catalan telah tanpa presiden sejak Oktober 2020, ketika Josep Maria Bartomeu mengundurkan diri dari jabatannya. Mandat enam tahun Bartomeu akan berakhir tahun ini, tetapi dia memilih untuk mundur lebih awal daripada menghadapi mosi tidak percaya dari anggota.

Joseph Bartomeu adalah satu dari empat orang yang terkait dengan klub yang ditangkap Senin pekan lalu. Bartemou memiliki peran dalam skandal media sosial "Barcagate" menyusul tuduhan penyalahgunaan dana dan korupsi. Bartomeu dibebaskan pada hari Selasa dan sedang menunggu tanggal untuk hadir di pengadilan.

Dalam periode pertamanya sebagai presiden Barcelona, Joan Laporta membantu memenangkan Liga Champions kedua dan ketiga Blaugrana yang sekarang kini memenangkan total lima gelar.

Kesuksesan Laporta saat kepelatihan Johan Cruyff bersama Ferran Soriano dan Txiki Begiristain, juga dikenang dengan perekrutan besar seperti Ronaldinho, Deco dan Samuel Eto'o.

Joan Laporta adalah presiden untuk menempatkan UNICEF di bagian depan jersey Barcelona. Laporta tidak dapat terpilih lagi pada tahun 2010, setelah menjalani dua mandat

Baca Juga: Laporta klaim punya modal bagus untuk pertahankan Messi di Barcelona

Laporta tancap gas urus masa depan Lionel Messi

Terpilih sebagai presiden Barcelona, Joan Laporta tancap gas urus Lionel Messi

Sepanjang kampanye pemilihan, Joan Laporta menegaskan bahwa dia adalah yang terbaik dari tiga kandidat untuk mempertahankan Lionel Messi di Camp Nou. 

Setelah kemenangan pemilihannya, Laporta akan dapat membuka pembicaraan dengan pemain Argentina tersebut mengenai kontrak baru.

Melansir dari ESPN, Joan Laporta berharap untuk mengunjungi para pemain di tempat latihan pada hari Senin (8/3). Bahkan, Laporta berencana untuk duduk bersama Lionel Messi setelah pertandingan PSG pada hari Rabu pekan ini.

Selain itu, Laporta dilaporkan akan menghubungi ayah Messi, Jorge Messi pada pekan ini.

Joan Laporta juga mengatakan bahwa Ronald Koeman mendapat dukungan penuh, terlepas dari posisi keuangan klub yang buruk. Laporta mengklaim hubungannya dengan beberapa agen pemain besar dapat membantunya mendapatkan rekrutan bagus musim panas ini.

Selanjutnya: Fans Barcelona ingin pemain muda Sevilla ini mendarat di Camp Nou

 

Editor: Bimo Kresnomurti
Terbaru