Wisata

Tetap buka di tengah pandemi, Kebun Raya Bogor perketat protokol kesehatan

Selasa, 22 September 2020 | 15:23 WIB   Reporter: Novianti Siswandini
Tetap buka di tengah pandemi, Kebun Raya Bogor perketat protokol kesehatan

ILUSTRASI. Kebun Raya Bogor tetap buka di tengah pandemi, dengan memperketat protokol kesehatan. Dok: Instagram Kebun Raya Bogor.

KONTAN.CO.ID - BOGOR. Kebun Raya Bogor merupakan salah satu tempat wisata yang masih buka di tengah pandemi. Tentunya, pembukaan kebun raya ini diiringi dengan protokol kesehatan yang ketat.

Bogor memang masih menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Mikro dan Komunitas (PSBMK). Karena itu, ada banyak kabar yang beredar jika Kebun Raya Bogor ditutup untuk sementara.

Kebun Raya Bogor masih menerima tamu. Dengan catatan, pengunjung atau staf yang bertugas harus dipastikan sehat, memakai masker, mencuci tangan secara berkala, dan menjaga jarak.

Disamping itu, Kebun Raya Bogor juga menugaskan tenaga tambahan yang akan kontrol berkeliling kawasan. Bila ada pengunjung yang melanggar peraturan dan membuat kerumunan, maka petugas akan langsung memberikan peringatan.

Baca Juga: Nirvana Valley, tempat staycation yang Instagramable di Bogor

Kebun Raya Bogor

Protokol kesehatan ini diterapkan dari pintu masuk hingga pintu keluar kebun raya. Selama masa pandemi ini, Kebun Raya Bogor beroperasi mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB saat weekday dan pukul 07.00 sampai 16.00 WIB saat weekend.

Melansir situs Kebun Raya Bogor, tempat wisata ini mulanya hanya digunakan sebagai kebun percobaan untuk tanaman perkebunan yang akan diperkenalkan di Hindia Belanda.

Seiring berjalannya waktu, kebun raya ini pun bertransformasi dan mengawali perkembangan ilmu pengetahuan di bidang konservasi, penelitian tumbuhan, pendidikan lingkungan, dan pariwisata.

Di dalam Kebun Raya Bogor, ada pula spot-spot menarik, seperti Taman Teijsmann, Taman Soedjana Kassan, Taman Orchidarium, Taman Obat, Taman Meksiko, dan Taman Bambu.

Selanjutnya: Kopi Daong, kedai kopi yang lagi hits di Bogor

Editor: Novianti Siswandini


Terbaru