Tiga finalis pemain terbaik dunia FIFA, Messi-Ronaldo kembali bersaing

Senin, 02 September 2019 | 21:13 WIB   Reporter: kompas.com
Tiga finalis pemain terbaik dunia FIFA, Messi-Ronaldo kembali bersaing


FIFA - Senin (2/9), otoritas tertinggi sepak bola dunia (FIFA) resmi merilis tiga finalis yang akan menjadi permain terbaik dunia 2019.

Dalam daftar itu, nama Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo kembali masuk. Bek Liverpool Virgil van Dijk juga tak ketinggalan meramaikan persaingan tersebut.

Daftar ini sama seperti nomine pemain terbaik Eropa 2019, yang kemudian Van Dijk keluar sebagai pemenang. Pemain timnas Belanda itu menyabet penghargaan UEFA Men's Player of The Year 2019 di Monako, Kamis (29/8), atau Jumat (30/8) dini hari WIB.

Baca Juga: Messi kalahkan Ronaldo dari daftar permain terbaik Liga Champions

Baik Messi, Ronaldo, maupun Van Dijk telah menyingkirkan tujuh kandidat lain dalam perburuan pemain terbaik FIFA kali ini.

Ketujuh permain tersebut adalah Eden Hazard (Real Madrid), Kylian Mbappe (Paris Saint-Germain), Sadio Mane dan Mohamed Salah (Liverpool), Harry Kane (Tottenham Hotspur), serta Frenkie De Jong dan Matthijs De Ligt (Ajax Amsterdam).

Nominasi FIFA ini diambil dari sumbangsih pemain untuk klub dan negaranya sepanjang musim 2018-2019.

Lionel Messi bersama Barcelona dan timnas Argentina berhasil mengemas 54 gol dan 20 assist dari 58 laga di berbagai kompetisi. Ia juga sukses menggondol dua trofi, yakni Liga Spanyol dan Piala Super Spanyol.

Baca Juga: Ronaldo pulang dengan tangan hampa setelah datangi acara pemain terbaik Eropa

Sementara Cristiano Ronaldo bersama Juventus dan timnas Portugal mencatatkan 32 gol dan 10 assist dari 49 penampilan di semua ajang. Peraih Ballon d'or lima kali itu sukses meraih tiga gelar sepanjang musim 2018-2019, yakni Liga Italia, Piala Super Italia, dan EUFA Nations League.

Adapun Virgil van Dijk memenangi dua gelar bersama Liverpool, yakni Liga Champions dan Piala Super Eropa. Dia mengemas 65 penampilan bersama The Reds, julukan Liverpool, dan timnas Belanda.

Rencananya, gelar pemain terbaik diberikan pada 23 September mendatang di Milan, Italia.

Penulis: Nirmala Maulana Achmad

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Finalis Pemain Terbaik Dunia FIFA, Messi-Ronaldo Kembali Bersaing"

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru