Timnas U19 Indonesia Menang 6-2 atas Timor Leste, Melenggang ke Semifinal Piala AFF

Selasa, 23 Juli 2024 | 21:44 WIB Sumber: Kompas.com
Timnas U19 Indonesia Menang 6-2 atas Timor Leste, Melenggang ke Semifinal Piala AFF

ILUSTRASI. Pesepak bola Timnas Indonesia Jens Raven (tengah) berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Timnas Timor Leste dalam pertandingan penyisihan Grup A Piala ASEAN U-19 Boys Championship atau AFF U-19 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (23/7/2024). ANTARA FOTO/Rizal Hanafi/sgd/nym.


PIALA AFF - Timnas U19 Indonesia menang 6-2 atas Timor Leste dalam matchday ketiga Grup A Piala AFF U19 2024.

Pertandingan Indonesia vs Timor Leste berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (23/7/2024).

Kemenangan Indonesia atas Timor Leste tercipta lewat kontribusi dwigol Jens Raven (18',26), Kadek Arel (51'), Arkhan Kaka (53'), Muhammad Kafiatur (56'), dan gol bunuh diri Alexandre Oscar (45+1').

Balasan bagi Timor Leste tercipta melalui sepakan titik putih Ricardo Rorinho pada menit ke-23 dan Alexandro Bahkito (86').

Atas hasil ini, Garuda Nusantara lolos ke babak semifinal Piala AFF U19 2024 dengan torehan sempurna 9 poin dari tiga pertandingan Grup A dan dua kali kebobolan.

Baca Juga: Indonesia U-19 Hajar Filipina U-19 4-0 pada Babak Pertama Piala AFF

Memulai paruh kedua, Indonesia berada di atas angin sebab mereka telah unggul 3-1 atas Timor Leste. Juru taktik timnas U19 Indonesia, Indra Sjafri, melakukan tiga pergantian pemain di awal babak kedua.

Tandukkan Kadek Arel membuat Indonesia memimpin 4-1 atas Timor Leste pada menit ke-51.

Muhammad Kafiatur kembali menjadi aktor, di mana gol tercipta berawal dari proses tendangan sepak pojok yang diambilnya. Kafiatur mencetak tiga assists dalam laga ini.

Dua menit berselang, Arkhan Kaka menambah keunggulan Indonesia menjadi 5-1 atas Timor Leste.

Pemain Persis Solo itu sukses mengeksekusi umpan yang dihantarkan oleh Jens Raven di dalam area kotak penalti.

Garuda Nusantara menunjukkan ketangguhannya setelah Kafiatur mencetak satu gol tambahan pada menit ke-56  dan membuat keunggulan menjadi 6-1. 

Kafiatur melesatkan tembakan dari luar kotak penalti dan mengarah ke dalam kanan gawang yang tidak bisa dihalau Alexandre Oscar (kiper Timor Leste).

Baca Juga: Jadwal Siaran Langsung Piala AFF U19 2024, Laga Perdana Indonesia vs Filipina

Alexandro Felix melakukan tusukan dari sisi kanan Timor Leste pada menit ke-80', ia masuk ke kotak penalti dan melakukan tembakan, tetapi berhasil ditepis oleh Alexandre Oscar.

Tidak ingin menyerah begitu saja, Timor Leste memperkecil ketertinggalan menjadi 2-6 dari Indonesia pada menit ke-86 lewat tendangan Alexandro Bahkito.

Bahkito mampu memasukkan bola ke kanan gawang Indonesia yang dijaga Arta Wiguna.

Peluit tanda pertandingan berakhir berbunyi dan tidak ada gol tambahan tercipta, Indonesia menang 6-2 atas Timor Leste.

Baca Juga: Inilah Profil Hokky Caraka, Striker Timnas Pencetak 4 Gol di Piala AFF U19 2022

SUSUNAN PEMAIN

Indonesia: 1-Ikram Algiffari (Arta Wiguna), 2-Rizdjar Nurviat (Mufdi Iskandar), 3-Alexandro Felix, 4-Kadek Arel Priyatna, 7-Figo Dennis (Toni Firmansyah), 9-Jens Raven, 10-Muhammad Kafiatur, 12-Welber Jardim, 14-Sulthan Zaky, 19-Muhammad Ragil (Arkhan Kaka), 21-Iqbal Gwijangge (Meshaal Hamzah)

Timor Leste: 12-Alexandre Oscar, 2-Rui Juman (Claudio Faria), 3-Carol Waitilia (Alexandre Vong), 4-Aureo Viera, 5-Palomito Antonio, 10-Alexandro Bahkito, 11-Vabio Canavaro (Uaitila Aprilio), 15-Ricardo Rorinho, 16-Leonio Quilton (Edencio Soares), 17-Ario Melio, 22-Marques de Carvalho (Luis Berdila)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hasil Piala AFF U19 Indonesia Vs Timor Leste 6-2: Garuda Sempurna ke Semifinal"

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru