Tips cara mengolah pare agar tidak pahit dan digemari keluarga

Sabtu, 11 Juli 2020 | 06:33 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Tips cara mengolah pare agar tidak pahit dan digemari keluarga

ILUSTRASI. Tips cara mengolah pare agar tidak pahit dan digemari keluarga. Foto wikimedia.org


RUMAH TANGGA - JAKARTA. Tidak banyak orang yang bisa mengolah pare agar tidak pahit. Salah-salah, malah akan membuat pare tetap pahit bahkan merusak rasa sayuran ini. Banyak manfaat berupa vitamin yang baik untuk tubuh, namun rasa pahit pare yang sering orang hindari jika ada panganan ini. 

Cara Anda memilih hingga mengolah sebelum diberi bumbu, menjadi kunci agar Anda mendapatkan pare yang baik. Selain segar, rasa pahit yang ada di pare bisa hilang dan Anda sekeluarga bisa menikmatinya tanpa perlu merasakan pahit tersebut. 

Baca Juga: Tips lolos Interview saat wawancara kerja

Saat Anda membeli pare, pastikan pare yang Anda beli adalah pare yang masih muda. Semakin tua pare, akan semakin pahit rasanya. Kemudian pilih pare berukuran sedang hingga kecil dan berwarna hijau tua. Warna pare yang cenderung muda berpotensi lebih pait karena sudah tua. 

Sebelum mengolah pare, dilansir dari Sajian Sedap, belah menjadi dua bagian dan kerok bagian putih untuk membuang biji pare. Setelahnya iris tipis-tipis kemudian campur dengan garam. Remas-remas pare dengan garam hingga layu kemudian peras airnya. Siram dengan air panas kemudian bilas dengan air bersih. Cara ini bisa menghilangkan rasa pahit pada pare dan mengurangi rasa asin, karena direndam dengan garam.

Kombinasi cuka, gula dengan garam bisa membantu menghilangkan rasa pahit pada pare. Cara mengolah pare agar tidak pahit ini, cukup campurkan gula, garam, dan cuka dengan perbandingan 1:1:1 kedalam air. Rebus pare dengan campuran tersebut beberapa menit hingga layu, lalu bilas dengan air bersih sebelum diolah dengan bumbu-bumbu lainnya.

Baca Juga: Cara cermat memilih sayuran yang baik dan segar

Saat mengolah pare agar tidak pahit, lebih baik Anda menggunakan bumbu yang cenderung pedas. Anda bisa menambahkan irisan cabai agar rasa pedas mendominasi rasa pahit pare. Bumbu guruh juga bisa menyamarkan rasa pahit dari pare. Jika Anda sudah tepat mencoba mengolah pare agar tidak pahit, bumbu sederhana berupa bawang putih dan merah, irisan cabai dan ikan teri, sudah cukup membuat keluarga Anda gemar menyantap hidangan pare.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru